Page 47 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 47
31
Konsep Dasar Teknologi Pendidikan
Sejalan dengan konsep tersebut, dapat disimpulkan
bahwa, keberadaan teknologi pendidikan adalah untuk
membantu sistem pendidikan, mengatasi masalah belajar dan
melaksanakan kegiatan instruksional untuk mencapai tujuan
instruksional yang sudah ditentukan.
Universitas Terbuka mempunyai Program Studi
Teknologi Pendidikan yang baru dibuka tahun 2017.
Mengacu kepada visi, misi, dan tujuan yang telah ditetapkan,
maka ditetapkan profil Lulusan Program Studi S1 Teknologi
Pendidikan UT adalah tenaga profesional dalam bidang
Teknologi Pendidikan yang memiliki kemampuan dalam
hal perencanaan, pengembangan, penggunaan, pengelolaan,
dan evaluasi program instruksional yang bekerja di lembaga
pendidikan, pusat pendidikan dan pelatihan, rumah produksi
(radio, TV, IT), atau institusi yang memiliki Pusat Sumber
Belajar, dalam konteks pendidikan tatap muka dan jarak
jauh. Diharapkan pada masa yang akan datang, lulusan S1
Teknologi Pendidikan UT memiliki prospek pekerjaan yang
sangat luas di masyarakat. Masyarakat membutuhkan para
tenaga fungsional Teknologi Pendidikan sebagai praktisi
yang profesional dalam memfasilitasi lembaga
penyelenggara program pendidikan dan pelatihan atau
tenaga pengajar yang sudah ditetapkan dalam kurikulum S1
Teknologi Pendidikan.
Pada saat ini KKNI menjadi acuan untuk
mengembangkan kurikulum program studi. Deskripsi
kualifikasi yang dijabarkan sebagai parameter capaian
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN