Page 54 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 54
38 Konsep Dasar Teknologi Pendidikan
Kurikulum diartikan yang mengatur dan mengelola
segala hal yang berkaitan dengan kepentingan pendidikan,
atau dengan kata lain seperangkat rencana yang dipersiapkan
agar kegiatan instruksional tentang kompetensi dan hasil
belajar peserta didik dapat dicapai sesuai dengan tujuan
pembelajaran. Komponen utama kurikulum adalah kegiatan
instruksional. Mengingat kawasan ilmu pengetahuan dan
kemajuan ilmu komunikasi dan informasi begitu luas, maka
diperlukan kejelian memilih dan menentukan prioritas yang
dianggap penting dan berguna untuk diberikan kepada
peserta didik. Berdasarkan konsep teknologi instruksional
adabeberapaprinsipkegiataninstruksionalyangdiutamakan
dan diperhatikan oleh guru sewaktu guru tersebut berada di
ruang kelas.
Menurut Filbeck, (1974), di dalam Suparman, (2014),
prinsip-prinsip yang digunakan dalam pengembangan
teknologi instruksional dapat dikelompokkan menjadi dua
belas prinsip, yaitu:
Prinsip Pertama, respon-respon baru (new respon)
diulang sebagai akibat dari respons tersebut. Bila peserta
didik memperoleh umpan balik positif terhadap respons
yang diberikan itu berakibat menyenangkan, maka peserta
didik cenderung untuk mengulang respons tersebut karena
ingin memelihara perasaan yang menyenangkan tersebut.
Terjadi sebaliknya, jika umpan balik yang diberikan
negative terhadap respons yang diberikan, peserta didik
PROFIL GURU MASA DEPAN