Page 54 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 54

38       Konsep Dasar Teknologi Pendidikan



                  Kurikulum diartikan yang mengatur dan mengelola
           segala hal yang berkaitan dengan kepentingan pendidikan,
           atau dengan kata lain seperangkat rencana yang dipersiapkan
           agar  kegiatan  instruksional  tentang  kompetensi  dan  hasil

           belajar  peserta  didik  dapat  dicapai  sesuai  dengan  tujuan
           pembelajaran. Komponen utama kurikulum adalah kegiatan
           instruksional.  Mengingat  kawasan  ilmu  pengetahuan  dan
           kemajuan ilmu komunikasi dan informasi begitu luas, maka

           diperlukan kejelian memilih dan menentukan prioritas yang
           dianggap  penting  dan  berguna  untuk  diberikan  kepada
           peserta didik. Berdasarkan konsep teknologi  instruksional
           adabeberapaprinsipkegiataninstruksionalyangdiutamakan

           dan diperhatikan oleh guru sewaktu guru tersebut berada di
           ruang kelas.

                 Menurut Filbeck, (1974), di dalam Suparman, (2014),
           prinsip-prinsip  yang  digunakan  dalam  pengembangan

           teknologi instruksional dapat dikelompokkan menjadi dua
           belas prinsip, yaitu:

                 Prinsip  Pertama,  respon-respon  baru  (new  respon)
           diulang  sebagai  akibat  dari  respons  tersebut.  Bila  peserta
           didik  memperoleh  umpan  balik  positif  terhadap  respons

           yang diberikan itu berakibat menyenangkan, maka peserta
           didik cenderung untuk mengulang respons tersebut karena
           ingin  memelihara  perasaan  yang  menyenangkan  tersebut.

           Terjadi  sebaliknya,  jika  umpan  balik  yang  diberikan
           negative terhadap respons yang diberikan, peserta didik


           PROFIL GURU MASA DEPAN
   49   50   51   52   53   54   55   56   57   58   59