Page 59 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 59

43
                                         Konsep Dasar Teknologi Pendidikan

               mendapat kesempatan maju menurut kecepatan  masing-
               masing.  Dalam  pengembangan  instruksional,  penguasaan
               peserta  didik  terhadap  pengetahuan,  keterampilan,  atau

               sikap yang menjadi prasyarat harus mencapai tingkat 80%
               atau lebih sebelum meneruskan ke bagian selanjutnya.

                     Prinsip Keduabelas, dengan persiapan, peserta didik
               dapat  mengembangkan  kemampuan  mengorganisasikan
               kegiatan instruksionalnya sendiri dan menimbulkan umpan

               balik  bagi  dirinya  untuk  membuat  respons  yang  benar.
               Implikasinya  terhadap  teknologi  instruksional  adalah
               pemberian kemungkinan bagi peserta didik untuk memilih

               waktu,cara, dan sumber-sumber lain, disamping yang telah
               ditetapkan dalam sistem instruksional agar dapat membuat
               dirinya mencapai tujuan instruksional.

                     Langkah  pertama  dalam  pengembangan  kurikulum

               diawali dari mengidentifikasikan dan menganalisa kebutuhan
               pembelajaran. Kurikulum sebagai pedoman dalam menyajikan
               materi pembelajaran kepada peserta didik, disusun berdasarkan
               analisa kebutuhan pembelajaran. Menurut Suparman (2004),
               untuk menjamin relevansi kurikulum dengan kebutuhan  dunia

               kerja  sebenarnya  ada  cara  yang  sistematik  dalam  desain
               pembelajaran  (sebagai  bagian  dari  teknologi  pembelajaran).
               Tiga pihak pemangku kepentingan dalam program studi  harus
               terlibat  dalam  merancang  kurikulum  dan  pembelajaran.

               Ketiganya  adalah  pengguna  lulusan  (masyarakat  dan
               pemerintah),  peserta  didik  atau  lulusan  yang  sudah  bekerja
               sesuai dengan bidang studi yang pernah ditempuhnya, dan


                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   54   55   56   57   58   59   60   61   62   63   64