Page 59 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 59
43
Konsep Dasar Teknologi Pendidikan
mendapat kesempatan maju menurut kecepatan masing-
masing. Dalam pengembangan instruksional, penguasaan
peserta didik terhadap pengetahuan, keterampilan, atau
sikap yang menjadi prasyarat harus mencapai tingkat 80%
atau lebih sebelum meneruskan ke bagian selanjutnya.
Prinsip Keduabelas, dengan persiapan, peserta didik
dapat mengembangkan kemampuan mengorganisasikan
kegiatan instruksionalnya sendiri dan menimbulkan umpan
balik bagi dirinya untuk membuat respons yang benar.
Implikasinya terhadap teknologi instruksional adalah
pemberian kemungkinan bagi peserta didik untuk memilih
waktu,cara, dan sumber-sumber lain, disamping yang telah
ditetapkan dalam sistem instruksional agar dapat membuat
dirinya mencapai tujuan instruksional.
Langkah pertama dalam pengembangan kurikulum
diawali dari mengidentifikasikan dan menganalisa kebutuhan
pembelajaran. Kurikulum sebagai pedoman dalam menyajikan
materi pembelajaran kepada peserta didik, disusun berdasarkan
analisa kebutuhan pembelajaran. Menurut Suparman (2004),
untuk menjamin relevansi kurikulum dengan kebutuhan dunia
kerja sebenarnya ada cara yang sistematik dalam desain
pembelajaran (sebagai bagian dari teknologi pembelajaran).
Tiga pihak pemangku kepentingan dalam program studi harus
terlibat dalam merancang kurikulum dan pembelajaran.
Ketiganya adalah pengguna lulusan (masyarakat dan
pemerintah), peserta didik atau lulusan yang sudah bekerja
sesuai dengan bidang studi yang pernah ditempuhnya, dan
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN