Page 55 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 55
39
Konsep Dasar Teknologi Pendidikan
berusaha menghindari respons tersebut atau melakukan
prilaku lain.Guru perlu memberikan kesempatan yang
sebanyak-banyaknya kepada peserta didik agar lebih aktif
memberikan respons.Untuk memperoleh umpan balik yang
positif, peserta didik harus aktif memberi respons.
Prinsip Kedua, prilaku tidak hanya dikontrol oleh
akibat dari respons, tetapi juga dipengaruhi oleh kondisi dan
tanda –tanda yang terdapat dalam lingkungan peserta
didik.Kondisi atau tanda-tanda tersebut berbentuk tulisan,
gambar, komunikasi verbal, keteladanan guru, atau prilaku
sesama peserta didik. Implikasi prinsip kedua ini terhadap
teknologi instruksional adalah perlunya menyatakan tujuan
instruksional secara jelas kepada peserta didik.Tujuan
instruksional itu berisi pengetahuan, keterampilan, atau
setiap prilaku yang dapat dilakukan peserta didik setelah
menyelesaikan pelajaran.
Prinsip Ketiga, prilaku yang ditimbulkan oleh tanda-
tanda tertentu akan hilang atau berkurang frekuensinya bila
tidak diperkuat dengan pemberian akibat yang
menyenangkan. Implikasi prinsip ketiga terhadap teknologi
instruksional adalah pemberian isi pelajaran yang bermanfaat
bagi peserta didik didunia kehidupan serta pemberian
umpan balik berupa imbalan dan penghargaan terhadap
keberhasilan peserta didik.
Prinsip Keempat, respons berdasarkan tanda-tanda
tertentu akan ditransfer pada situasi lain yang mirip secara
kontekstual atau terbatas. Implikasi prinsip ini terhadap
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN