Page 55 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 55

39
                                         Konsep Dasar Teknologi Pendidikan

               berusaha menghindari respons tersebut atau  melakukan
               prilaku  lain.Guru  perlu  memberikan  kesempatan  yang
               sebanyak-banyaknya kepada peserta didik agar lebih aktif

               memberikan respons.Untuk memperoleh umpan balik yang
               positif, peserta didik harus aktif memberi respons.

                     Prinsip  Kedua,  prilaku  tidak  hanya  dikontrol  oleh
               akibat dari respons, tetapi juga dipengaruhi oleh kondisi dan
               tanda  –tanda  yang  terdapat  dalam  lingkungan  peserta

               didik.Kondisi atau tanda-tanda tersebut berbentuk tulisan,
               gambar, komunikasi verbal, keteladanan guru, atau prilaku
               sesama peserta didik. Implikasi prinsip kedua ini terhadap

               teknologi instruksional adalah perlunya menyatakan tujuan
               instruksional  secara  jelas  kepada  peserta  didik.Tujuan
               instruksional  itu  berisi  pengetahuan,  keterampilan,  atau
               setiap  prilaku  yang  dapat  dilakukan  peserta  didik  setelah
               menyelesaikan pelajaran.


                     Prinsip Ketiga, prilaku yang ditimbulkan oleh tanda-
               tanda tertentu akan hilang atau berkurang frekuensinya bila
               tidak   diperkuat    dengan     pemberian     akibat   yang
               menyenangkan. Implikasi prinsip ketiga terhadap teknologi

               instruksional adalah pemberian isi pelajaran yang bermanfaat
               bagi  peserta  didik  didunia  kehidupan  serta  pemberian
               umpan  balik  berupa  imbalan  dan  penghargaan  terhadap
               keberhasilan peserta didik.


                     Prinsip  Keempat,  respons  berdasarkan  tanda-tanda
               tertentu akan ditransfer pada situasi lain yang mirip secara
               kontekstual atau terbatas. Implikasi prinsip ini terhadap

                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   50   51   52   53   54   55   56   57   58   59   60