Page 58 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 58
42 Konsep Dasar Teknologi Pendidikan
didik diberi informasi bahwa ia lebih mampu dalam
keterampilan memecahkan masalah. Diberi tahu tentang
kualitas penampilannya dan bagaimana cara meningkatnya
lebih baik. Implikasinya terhadap teknologi instruksional
adalah:
1. Urutan pelajaran harus dimulai dari yang sederhana
dan secara bertahap menuju kepada yang lebih
kompleks agar keberhasilan peserta didik dalam
pelajaran yang lalu, yang lebih sederhana dapat
mendorongnya lebih kuat untuk menguasai pelajaran
yang akan datang yang lebih kompleks.
2. Kemajuan peserta didik dalam menyelesaikan
pelajaran harus diimformasikan kepadanya agar
keyakinan kepada kemampuan dirinya lebih besar
untuk memecahkan masalah yang lebih kompleks
pada waktu yang akan datang.
Prinsip Kesebelas, perkembangan dan kecepatan
belajar peserta didik sangat bervariasi, ada yang maju lebih
cepat, ada yang lebih lambat.Variasi dalam kecepatan
belajar tidak selalu dapat diramalkan. Variasi penguasaan
terhadap pelajaran yang terdahulu mempunyai hubungan
yang lebih berarti terhadap variasi tersebut. Implikasi
prinsip ini terhadap teknologi instruksional adalah,
1.Pentingnya penguasaan peserta didik dalam materi
pelajaran merupakan prasyarat sebelum mempelajari materi
pelajaran selanjutnya. Penggunaan cara belajar tuntas
(mastery learning) sangat penting bagi materi pelajaran
terutama yang tersusun secara hierarki, 2.Peserta didik
PROFIL GURU MASA DEPAN