Page 412 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 412
378 Pendidikan Karakter Untuk Membangun
Masyarakat Multikultural
7. Pertanyaan moral adalah salah satu pertanyaan besar
yang dihadapi individu dan umat manusia.
8. Ada dukungan yang luas dan terus berkembang untuk
pendidikan nilai di sekolah.
Dari situasi tersebut dapat dimengerti bahwa pendidikan
nilai/moral/karakter memang sangat diperlukan atas dasar
argumen: adanya kebutuhan nyata dan mendesak; proses
tranmisi nilai sebagai proses peradaban; peranan satuan
pendidikan sebagai pendidik moral yang vital pada saat
melemahnya pendidikan nilai dalam masyarakat; tetap
adanya kode etik dalam masyarakat yang sarat konflik nilai;
kebutuhan demokrasi akan pendidikan moral; kenyataan yang
sesungguhnya bahwa tidak ada pendidikan yang bebas nilai;
persoalan moral sebagai salah satu persoalan dalam kehidupan,
dan adanya landasan yang kuat dan dukungan luas terhadap
pendidikan moral di satuan pendidikan.
Secara psikologis dan sosial kultural pembentukan
karakter dalam diri individu merupakan fungsi dari seluruh
potensi individu manusia (kognitif, afektif, dan psikomotorik)
dalam konteks interaksi sosial kultural (dalam keluarga, satuan
pendidikan, dan masyarakat) dan berlangsung sepanjang hayat.
Konfigurasi karakter dalam konteks totalitas proses
psikologis dan sosial-kultural tersebut dapat dikelompokan
dalam: olah hati (spiritual and emotional development), olah
pikir (intellectual development), olah raga dan kinestetik
(physical and kinestetic development), dan olah rasa dan
karsa (affective and creativity development) yang secara
PROFIL GURU MASA DEPAN