Page 415 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 415
Masyarakat Multikultural 381
Pendidikan Karakter Untuk Membangun
N0.20 Tahun 2003 beserta ketentuan perundang-
undangan turunannya;
b. Pertimbangan teoretis - teori tentang otak (brain
theories), psikologis (cognitive development
theories, learning theories, theories of personality)
pendidikan (theories of instruction, educational
management, curriculum theories), nilai dan moral
(axiology, moral development theories), dan sosial-
kultural (school culture, civic culture); dan
c. Pertimbangan empiris berupa pengalaman dan
praktek terbaik (best practices) dari antara lain
tokoh-tokoh, satuan pendidikan unggulan, pesanren,
kelompok kultural dll.
2. Pada tahap pelaksanaan dikembangkan pengalaman
belajar (learning experiences) dan kegiatan instruksional
yang bermuara pada pembentukan karakter dalam diri
individu peserta didik.
Proses ini dilaksanakan melalui proses
pembudayaan dan pemberdayaan sebagaimana
digariskan sebagai salah satu prinsip penyelenggaraan
pendidikan nasional. Proses ini berlangsung dalam
tiga pilar pendidikan yakni dalam satuan pendidikan,
keluarga, dan masyarakat. Dalam masing-masing pilar
pendidikan akan ada dua jenis pengalaman belajar
(learning experiences) yang dibangun melalui dua
pendekatan yakni intervensi dan habituasi. Dalam
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN