Page 416 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 416
382 Pendidikan Karakter Untuk Membangun
Masyarakat Multikultural
intervensi dikembangkan suasana interaksi belajar dan
pembelajaran yang sengaja dirancang untuk mencapai
tujuan pembentukkan karakter dengan menerapkan
kegiatan yang terstruktur (structured learning
experiences).
Agar kegiatan instruksional tersebut berhasil guna
peran guru sebagai sosok anutan (role model) sangat
penting dan menentukan. Sementara itu dalam habituasi
diciptakan situasi dan kondisi (persistent-life situation),
dan penguatan (reinforcement) yang memungkinkan
peserta didik pada satuan pendidikannya, di rumahnya,
di lingkungan masyarakatnya membiasakan diri
berprilaku sesuai nilai dan menjadi karakter yang telah
diinternalisasi dan dipersonalisasi dari dan melalui
proses intervensi.
Proses pembudayaan dan pemberdayaan yang
mencakuppemberiancontoh, pembelajaran, pembiasaan,
dan penguatan harus dikembangkan secara sistemik,
holistik, dan dinamis. Dalam konteks makro kehidupan
berbangsa dan bernegara Indonesia pelaksanaan
pendidikan karakter merupakan komitmen seluruh sektor
kehidupan, bukan hanya sektor pendidikan nasional.
Keterlibatan aktif dari sektor-sektor pemerintahan
lainnya, khususnya sektor keagamaan, kesejahteraan,
pemerintahan, komunikasi dan informasi, kesehatan,
hukum dan hak azasi manusia, serta pemuda dan olah
raga.
PROFIL GURU MASA DEPAN