Page 416 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 416

382        Pendidikan Karakter Untuk Membangun
                Masyarakat Multikultural

               intervensi dikembangkan suasana interaksi belajar dan
               pembelajaran yang sengaja dirancang untuk mencapai
               tujuan  pembentukkan  karakter  dengan  menerapkan
               kegiatan    yang    terstruktur   (structured   learning
               experiences).


                     Agar kegiatan instruksional tersebut berhasil guna
               peran  guru sebagai sosok anutan (role model) sangat
               penting dan menentukan. Sementara itu dalam habituasi
               diciptakan situasi dan kondisi (persistent-life situation),
               dan  penguatan  (reinforcement)  yang  memungkinkan
               peserta didik pada satuan pendidikannya, di rumahnya,

               di  lingkungan  masyarakatnya  membiasakan  diri
               berprilaku sesuai nilai dan menjadi karakter yang telah
               diinternalisasi  dan  dipersonalisasi  dari  dan  melalui
               proses intervensi.

                     Proses  pembudayaan  dan  pemberdayaan  yang
               mencakuppemberiancontoh,  pembelajaran,  pembiasaan,
               dan  penguatan  harus  dikembangkan  secara  sistemik,
               holistik, dan dinamis. Dalam konteks makro kehidupan

               berbangsa  dan  bernegara  Indonesia  pelaksanaan
               pendidikan karakter merupakan komitmen seluruh sektor
               kehidupan,  bukan  hanya  sektor  pendidikan  nasional.
               Keterlibatan  aktif  dari  sektor-sektor  pemerintahan
               lainnya,  khususnya  sektor  keagamaan,  kesejahteraan,
               pemerintahan,  komunikasi  dan  informasi,  kesehatan,

               hukum dan hak azasi manusia, serta pemuda dan olah
               raga.



           PROFIL GURU MASA DEPAN
   411   412   413   414   415   416   417   418   419   420   421