Page 411 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 411

Masyarakat Multikultural  377
                                        Pendidikan Karakter Untuk Membangun

               prevention, critical thinking, ethical reasoning, and conflict
               resolution and mediation.


                     Dengan  kata  lain  pendidikan  karakter  dapat  dimaknai
               sebagai pendidikan nilai, pendidikan budi pekerti, pendidikan
               moral,  pendidikan  watak,  yang  bertujuan  mengembangkan
               kemampuan peserta didik untuk memberikan keputusan baik-
               buruk, memelihara apa yang baik, dan mewujudkan kebaikan

               itu dalam kehidupan sehari-hari dengan sepenuh hati. (Elkind
               dan Sweet, dalam goodcharacter.com, unduh 2/9/2010).

                     Sebagai  perbandingan,  kebutuhan  akan  pendidikan
               karakter ternyata juga dirasakan di USA pada saat memasuki

               abad ke-21 dan merasakan terjadinya krisis nilai/moral yang
               mencemaskan,  karena  beberapa  alasan  mendasar  sebagai
               berikut (Lickona, 1991) :
                1.  Ada kebutuhan yang jelas dan mendesak.

                2.  Mengirimkan  nilai  adalah  dan  selalu  merupakan
                     pekerjaan peradaban.
                3.  Peran  sekolah  sebagai  pendidik  moral  menjadi  lebih
                     penting  pada  saat  jutaan  anak  mendapatkan  sedikit

                     pengajaran  moral  dari  orang  tua  mereka  dan  ketika
                     pengaruh  yang  berpusat  pada  nilai  seperti  gereja  atau
                     bait suci juga tidak ada dalam kehidupan mereka.
                4.  Ada landasan etika yang sama bahkan dalam masyarakat

                     kita yang bertentangan dengan nilai-nilai.
                5.  Demokrasi memiliki kebutuhan khusus untuk pendidikan
                     moral.
                6.  Tidak ada yang namanya pendidikan bebas nilai.



                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   406   407   408   409   410   411   412   413   414   415   416