Page 406 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 406

372        Pendidikan Karakter Untuk Membangun
                Masyarakat Multikultural

           agama tetapi juga multi-budaya.

                 Kemajemukan  tersebut  pada  satu  sisi  merupakan
           kekuatan sosial dan keragaman yang indah apabila satu sama

           lain  bersinergi  dan  saling  bekerja  sama  untuk  membangun
           bangsa.  Namun,  pada  sisi  lain,  kemajemukan    tersebut
           apabila tidak dikelola dan dibina dengan tepat dan baik akan
           menjadi  pemicu  dan  penyulut  konflik  dan  kekerasan  yang

           dapat  menggoyahkan  sendi-sendi  kehidupan  berbangsa  dan
           bernegara.
                 Persoalan  yang  muncul  di  masyarakat  seperti
           membudayanya minuman keras, narkoba, korupsi, kekerasan,

           kejahatan seksual, perusakan, perkelahian massa yang terjadi
           antar pelajar, antar peserta didik, dan antar warga, kehidupan
           ekonomi  yang  konsumtif,  kehidupan  politik  yang  tidak
           produktif, dan sebagainya menjadi topik pembahasan hangat di

           media massa, seminar, dan di berbagai kesempatan. Berbagai
           alternatif  penyelesaian  diajukan  seperti  peraturan,  undang-
           undang, peningkatan upaya pelaksanaan dan penerapan hukum
           yang  lebih  kuat.  Alternatif  lain  yang  banyak  dikemukakan

           untuk mengatasi, paling tidak mengurangi, masalah karakter
           bangsa yang dibicarakan bersumber dari pendidikan.

                 Pendidikan  dianggap  sebagai  alternatif  yang  bersifat
           preventif  karena  pendidikan  bisa  membangun  generasi  baru

           bangsa  yang  lebih  baik.  Sebagai  alternatif  yang  bersifat
           preventif,  pendidikan  diharapkan  dapat  mengembangkan
           kualitas  generasi  muda  bangsa  dalam  berbagai  aspek  yang
           dapat memperkecil dan mengurangi penyebab berbagai



           PROFIL GURU MASA DEPAN
   401   402   403   404   405   406   407   408   409   410   411