Page 407 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 407
Masyarakat Multikultural 373
Pendidikan Karakter Untuk Membangun
masalah karakter bangsa. Memang diakui bahwa hasil dari
pendidikan akan terlihat dampaknya dalam waktu yang tidak
segera, tetapi memiliki daya tahan dan dampak yang kuat di
masyarakat.
Kepedulian masyarakat mengenai pendidikan karakter
bangsa telah pula menjadi kepedulian pemerintah. Berbagai
upaya pengembangan pendidikan karakter bangsa telah
dilakukan di berbagai direktorat dan bagian di berbagai
lembaga pemerintah, terutama di berbagai unit Kementrian
Pendidikan Nasional. Upaya pengembangan itu berkenaan
dengan berbagai jenjang dan jalur pendidikan walaupun
sifatnya belum menyeluruh.
Keinginan masyarakat dan kepedulian pemerintah
mengenai pendidikan karakter bangsa, akhirnya berakumulasi
pada kebijakan pemerintah mengenai pendidikan karakter
bangsa dan menjadi salah satu program unggulan pemerintah,
paling tidak untuk masa 5 (lima) tahun mendatang. Berdasarkan
program tersebut, sekolah merancang operasionalisasi
kebijakan pemerintah dalam pendidikan karakter bangsa.
Pendidikan karakter yang dikembangkan harus sesuai dengan
landasan filosofis, pendidikan nilai, pendidikan budi pekerti,
pendidikan moral, pendidikan watak, yang akan mengantarkan
peserta didik memiliki pribadi unggul sebagai warga negara
Indonesia di tengah masyarakat yang multikultural. Dan
karakter yang berkualitas perlu dibentuk dan dibina sejak usia
dini mulai dari pendidikan dasar.
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN