Page 408 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 408
374 Pendidikan Karakter Untuk Membangun
Masyarakat Multikultural
Setelah Anda mempelajari materi dalam bab sepuluh ini,
diharapkan Anda akan mampu :
1. Mendeskripsikan apa dan mengapa pendidikan karakter
2. Mendeskripsikan desain induk pendidikan karakter
3. Menerapkan pembentukan karakter melalui pendidikan
4. Menerapkan pendidikan karakter untuk membangun
masyarakat multikultural
Apa dan Bagaimana Pendidikan Karakter
Secara imperatif pendidikan karakter bukanlah hal baru
dalam sistem pendidikan nasional kita karena tujuan pendidikan
nasional dalam semua undang-undang yang pernah berlaku
(UU 4/1950; UU 12/1954; dan UU 2/89) dengan rumusannya
yang berbeda secara substantive memuat pendidikan karakter.
Dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional komitmen tetang pendidikan karakter
tertuang dalam Pasal 3 yang menyatakan bahwa “Pendidikan
nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan
membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat
dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan
untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi
manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha
Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri,
dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung
jawab.” Dengan demikian, jika dicermati semua elemen dari
tujuan tersebut terkait erat dengan pendidikan karakter.
PROFIL GURU MASA DEPAN