Page 414 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 414

380        Pendidikan Karakter Untuk Membangun
                Masyarakat Multikultural

                kebudayaan secara kelembagaan perlu diwadahi secara
                utuh.
            3.  Pendidikan  budaya  dan  karakter  bangsa  merupakan

                tanggung jawab bersama antara pemerintah, masyarakat,
                sekolah  dan  orangtua.  Oleh  karena  itu  pelaksanaan
                budaya  dan  karakter  bangsa  harus  melibatkan  keempat

                unsur tersebut.
            4.  Dalam  upaya  merevitalisasi  pendidikan  dan  budaya
                karakter  bangsa  diperlukan  gerakan  nasional  guna
                menggugah  semangat  kebersamaan  dalam  pelaksanaan
                di lapangan.


           Desain Induk Pendidikan Karakter

                 Kementerian  Pendidikan  Nasional  telah  menyusun
           Disain Induk Pendidikan Karakter, yang merupakan kerangka
           paradigma  implementasi  pembangunan  karakter  bangsa

           melalui  sistem  pendidikan.  Secara  keseluruhan  pendidikan
           karakter  dalam  Disain  Induk  Pendidikan  Karakter  tersebut
           adalah sebagai berikut. (Kemdiknas, 2010) :

                 Secara  makro  pengembangan  karakter  dapat  dibagi

           dalam  tiga  tahap,  yakni  perencanaan,  pelaksanaan,  dan
           evaluasi hasil.
            1.  Pada  tahap  perencanaan  dikembangkan  perangkat

               karakter yang digali, dikristalisasikan, dan dirumuskan
               dengan  menggunakan  berbagai  sumber,  antara  lain
               pertimbangan:
                a.  Filosofis - Agama, Pancasila, UUD 1945, dan UU



           PROFIL GURU MASA DEPAN
   409   410   411   412   413   414   415   416   417   418   419