Page 417 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 417
Masyarakat Multikultural 383
Pendidikan Karakter Untuk Membangun
3. Pada tahap evaluasi hasil, dilakukan asesmen program
untuk perbaikan berkelanjutan yang sengaja dirancang
dan dilaksanakan untuk menditeksi aktualisasi karakter
dalam diri peserta didik sebagai indikator bahwa proses
pembudayaan dan pemberdayaan pendidikan karakter
itu berhasil dengan baik. Proses pembudayaan dan
pemberdayaan pendidikan karakter dapat dilihat pada
tananan makro.
Secara diagramatik, pendidikan karakter pada
tataran makro tersebut digambarkan sebagai berikut.
Pada tataran mikro, pendidikan karakter ditata sebagai
berikut (Kemdiknas, 2010) :
a. Secara mikro pengembangan nilai/karakter dapat
dibagi dalam empat pilar, yakni kegiatan instruksional-
mengajar di kelas, kegiatan keseharian dalam bentuk
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN