Page 417 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 417

Masyarakat Multikultural  383
                                        Pendidikan Karakter Untuk Membangun

                3.  Pada tahap evaluasi hasil, dilakukan asesmen program
                   untuk perbaikan berkelanjutan yang sengaja dirancang

                   dan dilaksanakan untuk menditeksi aktualisasi karakter
                   dalam diri peserta didik sebagai indikator bahwa proses
                   pembudayaan dan pemberdayaan pendidikan karakter

                   itu  berhasil  dengan  baik.  Proses  pembudayaan  dan
                   pemberdayaan pendidikan karakter dapat dilihat  pada
                   tananan makro.


                         Secara  diagramatik,  pendidikan  karakter  pada
                   tataran makro tersebut digambarkan sebagai berikut.


























                     Pada tataran mikro, pendidikan karakter ditata sebagai
               berikut (Kemdiknas, 2010) :

                   a.  Secara  mikro  pengembangan  nilai/karakter  dapat
                      dibagi dalam empat pilar, yakni kegiatan instruksional-
                      mengajar di kelas, kegiatan keseharian dalam bentuk


                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   412   413   414   415   416   417   418   419   420   421   422