Page 418 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 418
384 Pendidikan Karakter Untuk Membangun
Masyarakat Multikultural
budaya satuan pendidikan (school culture); kegiatan
ko-kurikuler dan/atau ekstra kurikuler, serta kegiatan
keseharian di rumah, dan dalam masyarakat.
b. Dalam kegiatan instruksional-mengajar di kelas
pengembangan nilai/karakter dilaksanakan dengan
menggunakan pendekatan terintegrasi dalam semua
mata pelajaran (embeded approach). Khusus, untuk
mata pelajaran Pendidikan Agama dan Pendidikan
Kewarganegaraan, karena memang misinya adalah
mengembangkan nilai dan sikap maka pengembangan
nilai/karakter harus menjadi fokus utama yang dapat
menggunakan berbagai strategi/metode pendidikan
nilai (value/character education). Untuk kedua mata
pelajaran tersebut nilai/karakter dikembangkan sebagai
dampak pembelajaran (instructional effects) dan juga
dampak pengiring (nurturant effects). Sementara
itu untuk mata pelajaran lainnya, yang secara formal
memiliki misi utama selain pengembangan nilai/
karakter, wajib dikembangkan kegiatan yang memiliki
dampak pengiring (nurturant effects) berkembangnya
nilai/karakter dalam diri peserta didik.
c. Dalam lingkungan satuan pendidikan dikondisikan
agar lingkungan fisik dan sosial-kultural satuan
pendidikan memungkinkan para peserta didik bersama
dengan warga satuan pendidikan lainnya terbiasa
membangun kegiatan keseharian di satuan pendidikan
yang mencerminkan perwujudan nilai/karakter.
d. Dalam kegiatan ko-kurikuler, yakni kegiatan
PROFIL GURU MASA DEPAN