Page 418 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 418

384        Pendidikan Karakter Untuk Membangun
                Masyarakat Multikultural

                  budaya  satuan  pendidikan  (school  culture);  kegiatan
                  ko-kurikuler dan/atau ekstra kurikuler, serta kegiatan
                  keseharian di rumah, dan dalam masyarakat.

               b.  Dalam  kegiatan  instruksional-mengajar  di  kelas
                  pengembangan  nilai/karakter  dilaksanakan  dengan
                  menggunakan  pendekatan  terintegrasi  dalam  semua
                  mata  pelajaran  (embeded  approach).  Khusus,  untuk
                  mata  pelajaran  Pendidikan  Agama  dan  Pendidikan
                  Kewarganegaraan,  karena  memang  misinya  adalah
                  mengembangkan nilai dan sikap maka pengembangan
                  nilai/karakter harus menjadi fokus utama yang  dapat
                  menggunakan  berbagai  strategi/metode  pendidikan
                  nilai  (value/character  education).  Untuk  kedua  mata
                  pelajaran tersebut nilai/karakter dikembangkan sebagai
                  dampak pembelajaran (instructional effects) dan juga
                  dampak  pengiring  (nurturant  effects).   Sementara
                  itu untuk mata pelajaran lainnya, yang secara formal
                  memiliki  misi  utama  selain  pengembangan  nilai/
                  karakter, wajib dikembangkan kegiatan yang memiliki
                  dampak pengiring (nurturant effects) berkembangnya
                  nilai/karakter dalam diri peserta didik.

               c.  Dalam  lingkungan  satuan  pendidikan  dikondisikan
                  agar  lingkungan  fisik  dan  sosial-kultural  satuan
                  pendidikan memungkinkan para peserta didik bersama
                  dengan  warga  satuan  pendidikan  lainnya  terbiasa
                  membangun kegiatan keseharian di satuan pendidikan
                  yang mencerminkan perwujudan nilai/karakter.

               d.  Dalam  kegiatan  ko-kurikuler,  yakni  kegiatan



           PROFIL GURU MASA DEPAN
   413   414   415   416   417   418   419   420   421   422   423