Page 255 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 255
Strategi Instruksional 229
yang variatif, dapat memberikan respon dan umpan balik
sesegera mungkin terhadap tugas yang dikerjakan peserta
didik , dan selalu menyediakan waktu untuk berkonsultasi
dengan peserta didik. Peningkatan hasil belajar sangat
tergantung pada strategi instruksional yang digunakan oleh
guru. Penerapan strategi instruksional yang baik oleh guru
adalah suatu usaha atau cara-cara guru untuk mencapai tujuan.
Sampai saat sekarang ini, berbagai penyempurnaan
masih terus menerus dilakukan oleh para guru dan ahli
pendidikan. Para guru telah berusaha menerapkan berbagai
strategi instruksional yang berkaitan dengan inovasi-inovasi
pendidikan. Tujuannya agar dapat meningkatkan hasil
belajar peserta didik secara optimal. Disamping itu, strategi
instruksional diarahkan sebagai salah satu penataan cara-
cara yang telah tersusun dalam suatu tatanan yang utuh dan
dengan urutan kegiatan instruksional yang jelas.
Strategi Instruksional Berbasis e-Learning
Program e-learning adalah layanan bantuan belajar
kepada peserta didik yang bersifat akademik. Program
ini memiliki peran yang sangat penting dalam kegiatan
instruksional karena dapat berfungsi sebagai pembimbing
peserta didik. Pemanfaatan program e-learning dalam dunia
pendidikan sangat praktis dan efektif untuk meningkatkan
kualitas kegiatan instruksional. Disisi lain, dapat memberi
keuntungan dalam hal penghematan waktu dan melestarikan
cara berpikir yang lebih rasional. Dalam program e-learning
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN