Page 255 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 255

Strategi Instruksional      229


               yang  variatif,  dapat  memberikan  respon  dan  umpan   balik
               sesegera  mungkin  terhadap  tugas  yang  dikerjakan  peserta
               didik  ,  dan  selalu  menyediakan  waktu  untuk  berkonsultasi

               dengan  peserta  didik.  Peningkatan  hasil  belajar  sangat
               tergantung  pada  strategi  instruksional  yang  digunakan  oleh
               guru.  Penerapan  strategi  instruksional  yang  baik  oleh  guru

               adalah suatu usaha atau cara-cara guru untuk mencapai tujuan.

                     Sampai  saat  sekarang  ini,  berbagai  penyempurnaan
               masih  terus  menerus  dilakukan  oleh  para  guru  dan  ahli
               pendidikan.  Para  guru  telah  berusaha  menerapkan  berbagai
               strategi  instruksional  yang  berkaitan  dengan  inovasi-inovasi

               pendidikan.  Tujuannya  agar  dapat  meningkatkan    hasil
               belajar peserta didik secara optimal. Disamping  itu, strategi
               instruksional  diarahkan  sebagai  salah  satu  penataan  cara-
               cara yang telah tersusun dalam suatu tatanan yang utuh dan

               dengan urutan kegiatan instruksional yang jelas.

               Strategi Instruksional Berbasis e-Learning

                     Program  e-learning  adalah  layanan  bantuan  belajar
               kepada peserta didik yang  bersifat  akademik.  Program

               ini  memiliki  peran  yang  sangat  penting  dalam  kegiatan
               instruksional karena dapat berfungsi sebagai pembimbing
               peserta didik. Pemanfaatan program e-learning dalam dunia
               pendidikan sangat praktis dan efektif untuk meningkatkan

               kualitas kegiatan instruksional. Disisi lain, dapat memberi
               keuntungan dalam hal penghematan waktu dan melestarikan
               cara berpikir yang lebih rasional. Dalam program e-learning


                                              BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   250   251   252   253   254   255   256   257   258   259   260