Page 260 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 260

234        Strategi Instruksional

                 Selanjutnya, Moore dan Kearsley (2012), mengingatkan
           bahwa Institusi harus hati-hati dalam mengembangkan bahan

           pembelajaran  secara  online  learning,  banyak  faktor  yang

           harus  dipertimbangkan.  Faktor  yang  perlu  dipertimbangkan
           terutama  apakah  desain  instruksional  yang  dirancang  sudah
           tepat atau tidak dengan karakteristik matakuliah dan relevan

           serta membantu pencapaian belajar peserta didik. Di samping

           itu,  harus  mempertimbangkan  latar  belakang  peserta  didik,
           penguasahan  teknologi  dan  infrastruktur  didaerah.  Sejalan

           dengan  pendapat  tersebut,  menurut  Darojat,  Ojat  (2016)
           kebijakan  tentang  layanan  bantuan  belajar  secara  online

           learning yang ditawarkan untuk peserta didik harus dirumuskan
           dan diimplementasikan secara cermat, hati-hati, dengan tetap
           mengedepankan  kepentingan  dan  kebutuhan  peserta  didik.

           Inovasi  yang  digagas  dalam  menerapkan  berbagai  model

           layanan e-learning harus diarahkan dalam rangka mendukung
           kesuksesan belajar peserta didik. Karena layanan program e-

           learning  ini  merupakan  prasyarat  yang  diperlukan  untuk
           menjembatani keterpisahan antara pengajar dan peserta didik,

           sebagai salah satu karaktristik sistem belajar jarak jauh.

                 Oleh  karena  itulah,  strategi  instruksional  diperkaya

           dengan  berbagai  komponen-komponen,  agar  kegiatan

           instruksional  yang  diberikan  menarik  untuk  peserta  didik.
           Berikut ini, diberikan beberapa model strategi instruksional


           PROFIL GURU MASA DEPAN
   255   256   257   258   259   260   261   262   263   264   265