Page 260 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 260
234 Strategi Instruksional
Selanjutnya, Moore dan Kearsley (2012), mengingatkan
bahwa Institusi harus hati-hati dalam mengembangkan bahan
pembelajaran secara online learning, banyak faktor yang
harus dipertimbangkan. Faktor yang perlu dipertimbangkan
terutama apakah desain instruksional yang dirancang sudah
tepat atau tidak dengan karakteristik matakuliah dan relevan
serta membantu pencapaian belajar peserta didik. Di samping
itu, harus mempertimbangkan latar belakang peserta didik,
penguasahan teknologi dan infrastruktur didaerah. Sejalan
dengan pendapat tersebut, menurut Darojat, Ojat (2016)
kebijakan tentang layanan bantuan belajar secara online
learning yang ditawarkan untuk peserta didik harus dirumuskan
dan diimplementasikan secara cermat, hati-hati, dengan tetap
mengedepankan kepentingan dan kebutuhan peserta didik.
Inovasi yang digagas dalam menerapkan berbagai model
layanan e-learning harus diarahkan dalam rangka mendukung
kesuksesan belajar peserta didik. Karena layanan program e-
learning ini merupakan prasyarat yang diperlukan untuk
menjembatani keterpisahan antara pengajar dan peserta didik,
sebagai salah satu karaktristik sistem belajar jarak jauh.
Oleh karena itulah, strategi instruksional diperkaya
dengan berbagai komponen-komponen, agar kegiatan
instruksional yang diberikan menarik untuk peserta didik.
Berikut ini, diberikan beberapa model strategi instruksional
PROFIL GURU MASA DEPAN