Page 258 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 258

232        Strategi Instruksional

           instruksional mereka. Lebih dari itu program ini juga mampu
           mengantarkan  berbagai  bahan  belajar  tersebut  kehadapan
           peserta didik tanpa batasan jarak dan waktu  dengan adanya

           internet  sebagai  medianya.  Sementara  itu  materi  pelajaran
           yang  akan  diberikan  kepada  peserta  didik  dapat  ditetapkan
           sebelumnya tanpa harus selalu menggantungkan sepenuhnya

           kepada  pengajar  dan  membuat  para  peserta  didik  lebih
           termotivasi untuk belajar.

                 Menurut Hasbullah dan Aritman (2006), penggunaan e-
           learning  secara  sederhana  diartikan  sebagai  lebih  dari  satu
           media atau dengan kata lain beberapa penggabungan media,

           biasa berupa kombinasi antar teks, grafik, animasi, suara dan
           video. Perpaduan dan kombinasi dua atau lebih jenis media
           pada umumnya ditekankan kepada kendali komputer sebagai
           penggerak keseluruhan gabungan media itu. Disisi lain Kemp

           (1994),  mengatakan  program  e-learning  merupakan  pilihan
           utama dalam hal kegiatan instruksional interaktif. Karaktristik
           yang  utama  dalam  kegiatan  instruksional  interaktif  adalah
           respon peserta didik terhadap materi pembelajaran dan adanya

           pemberian umpan balik oleh Tutor terhadap respons tersebut.
           Program e-learnig yang dirancang dengan baik olehAhli Desain
           Pembelajaran dapat menciptakan komunikasi interaktif antara
           peserta  didik  dengan  materi  pembelajaran  yang  disajikan.

           Didalam  kegiatan  instruksional  interaktif,  komunikasi  dua
           arah (two ways communication) merupakan hal yang sangat
           penting. Disisi lain, Schwier (1993) mengatakan, yang paling
           penting  dalam  kegiatan  instruksional  adalah  peserta  didik

           diberi kesempatan berinteraksi. Interaksi dapat dilakukan
           PROFIL GURU MASA DEPAN
   253   254   255   256   257   258   259   260   261   262   263