Page 256 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 256
230 Strategi Instruksional
kegiatan instruksional peserta didik dilakukan dibawah
bimbingan Tutor atau Instruktur sebagai fasilitator, nara
sumber dan pengelola kegiatan Instruksional. Menurut,
Budianingsih (2007), adanya perubahan paradigma
pembelajaran yang diakibatkan oleh pemanfaatan program
e-learning dalam pembelajaran, menyebabkan program ini
sangat berperan didalam peningkatan kualitas pembelajaran
antara lain adalah sebagai berikut :
1. Dapat meningkatkan dan mengembangkan kemampuan
peserta didik
2. Sebagai sumber belajar dalam kegiatan instruksional.
3. Sebagai alat bantu interaksi pembelajaran.
4. Sebagai wadah pembelajaran,
Kemajuan program e-learning telah memberikan
kemudahan dalam merancang bantuan belajar secara
sederhana, cepat dan berkualitas. Program ini memiliki
kemampuan yang tinggi dalam kegiatan instruksional
interaktif. Secaraumumprograme-learningmemilikipotensi
untuk memberdayakan peserta didik, yaitu mendorong
tumbuhnya keterampilan belajar mahapeserta didik
(leaming to leam), keterampilan bernalar mahapeserta didik
(higher order thinking skills), keterampilan berkomunikasi
(secara tertulis ataupun lisan), dan juga kemampuan peserta
didik untuk menemukan berbagai ragam sumber belajar.
Pemanfaatan program e-learning yang dirancang
dengan cermat dapat meningkatkan keaktifan peserta
didik dalam pembelajaran, serta kemandirian peserta didik
PROFIL GURU MASA DEPAN