Page 256 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 256

230        Strategi Instruksional

           kegiatan  instruksional  peserta  didik  dilakukan  dibawah

           bimbingan  Tutor  atau  Instruktur  sebagai  fasilitator,  nara
           sumber  dan  pengelola  kegiatan  Instruksional.  Menurut,
           Budianingsih  (2007),  adanya  perubahan  paradigma
           pembelajaran yang diakibatkan oleh pemanfaatan program

           e-learning dalam pembelajaran, menyebabkan program ini
           sangat berperan didalam peningkatan kualitas pembelajaran
           antara lain adalah sebagai berikut :
            1.  Dapat meningkatkan dan mengembangkan kemampuan

                peserta didik
            2.  Sebagai sumber belajar dalam kegiatan instruksional.
            3.  Sebagai alat bantu interaksi pembelajaran.
            4.  Sebagai wadah pembelajaran,

                 Kemajuan  program  e-learning  telah  memberikan

           kemudahan  dalam  merancang  bantuan  belajar  secara
           sederhana,  cepat  dan  berkualitas.  Program  ini  memiliki
           kemampuan  yang  tinggi  dalam  kegiatan  instruksional

           interaktif.  Secaraumumprograme-learningmemilikipotensi
           untuk  memberdayakan  peserta  didik,  yaitu  mendorong
           tumbuhnya  keterampilan  belajar  mahapeserta  didik
           (leaming to leam), keterampilan bernalar mahapeserta didik
           (higher  order  thinking  skills),  keterampilan  berkomunikasi

           (secara tertulis ataupun lisan), dan juga kemampuan peserta
           didik untuk menemukan berbagai ragam sumber belajar.

                 Pemanfaatan  program  e-learning  yang  dirancang
           dengan  cermat  dapat  meningkatkan  keaktifan  peserta

           didik dalam pembelajaran, serta kemandirian peserta  didik

           PROFIL GURU MASA DEPAN
   251   252   253   254   255   256   257   258   259   260   261