Page 252 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 252

226        Strategi Instruksional

           berpengaruh  terhadap  kegiatan  dan  hasil  belajar    peserta
           didik  untuk  mengembangkan  pengetahuan  keterampilan  dan
           sikapnya.


                 Guru  harus  menetapkan    secara    jelas    sasaran
           belajar, memilih  pendekatan instruksional  yang tepat  dan
           efektif,  dan  menetapkan  prosedur,  serta  menggunakan

           metode  instruksional  yang  variatif.  Sering  sekali  strategi
           instruksional yang disampaikan guru menjadi permasalahan,
           karena  kurang  menarik  hati  peserta  didik,  khususnya

           untuk anak-anak yang  cerdas,  karena apa yang  diberikan
           guru  menurut  mereka  membosankan.  Situasi  kegiatan
           instruksional  yang  membosankan  inilah  yang  akhirnya
           membentuk lulusan dengan kompetensi yang sangat rendah.

           Adakala guru kurang cermat dalam mempersiapkan materi
           pelajaran,  kurang  jelas  dalam  uraiannya  dan  guru  terlalu
           cepat  menyampaikan  materi  pelajaran,  kurang  sistematis

           dalam  mengolah  materi  pelajaran.  sehingga  peserta  didik
           tidak dapat mengikutinya.


                 Disamping  itu,  rendahnya  penguasaan  materi  dan
           keahlian  bidang  studi  yang  dimiliki  guru,  hal  ini  sangat
           berhubungan  erat  dengan  kualitas  kegiatan  instruksional

           yang terjadi. Beberapa pertanyaan berikut di bawah, perlu
           menjadi perhatian guru. Adapun pertanyaan tersebut adalah
           sebagai berikut :
            1.  Apakah guru benar-benar menguasai materi yang akan

                disampaikan?

           PROFIL GURU MASA DEPAN
   247   248   249   250   251   252   253   254   255   256   257