Page 249 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 249
Strategi Instruksional 223
dikuasai oleh guru. Penggunaan strategi instruksional yang
tepat mempunyai pengaruh yang sangat berarti terhadap
peningkatan hasil belajar peserta didik. Strategi instruksional
adalah pendekatan dalam mengelola materi pembelajaran dan
kegiatan instruksional secara komprehensif untuk mencapai
tujuan instruksional yang sudah ditentukan.Seperti apa yang
dikatakan oleh Leshin (1996) ”Strategi instruksional adalah
salah satu cara yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta
didik“.
Sementara, Gerlach & Elly (1990), merumuskan
bahwa “strategi instruksional merupakan cara-cara yang
dipilih untuk menyampaikan materi pelajaran dalam
lingkungan pengajaran tertentu yang terdiri dari urutan
kegiatan, metode dan prosedur yang dapat memberikan
pengalaman belajar kepada peserta didik guna mencapai
tujuan belajar“. Selanjutnya, Reigeluth (1993), mengatakan
“Strategi instruksional dapat diklasifikasikan menjadi
strategi pengorganisasian, strategi penyampaian, dan strategi
pengelolaan “
Sejalan dengan pendapat para ahli tersebut, Suparman
(2014), menyatakan, “Strategi instruksional terdiri dari empat
komponen urutan, yaitu,
1. Urutan kegiatan instruksional
2. Metode instruksional,
3. Media instruksional dan
4. Waktu
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN