Page 249 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 249

Strategi Instruksional      223


               dikuasai oleh guru. Penggunaan strategi instruksional yang
               tepat  mempunyai  pengaruh  yang  sangat  berarti  terhadap
               peningkatan hasil belajar peserta didik. Strategi instruksional

               adalah pendekatan dalam mengelola materi pembelajaran dan
               kegiatan  instruksional  secara  komprehensif  untuk  mencapai
               tujuan instruksional yang sudah ditentukan.Seperti apa yang

               dikatakan  oleh  Leshin  (1996)  ”Strategi  instruksional  adalah
               salah satu cara yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta
               didik“.

                     Sementara,  Gerlach  &  Elly  (1990),  merumuskan

               bahwa  “strategi  instruksional  merupakan  cara-cara  yang
               dipilih  untuk  menyampaikan  materi  pelajaran  dalam
               lingkungan  pengajaran  tertentu  yang  terdiri  dari  urutan

               kegiatan,  metode  dan  prosedur  yang  dapat  memberikan
               pengalaman  belajar  kepada  peserta  didik  guna  mencapai
               tujuan belajar“. Selanjutnya, Reigeluth (1993), mengatakan
               “Strategi  instruksional  dapat  diklasifikasikan  menjadi
               strategi pengorganisasian, strategi penyampaian, dan strategi

               pengelolaan “

                     Sejalan dengan pendapat  para ahli tersebut,  Suparman

               (2014), menyatakan, “Strategi instruksional terdiri dari empat
               komponen urutan, yaitu,
                1.  Urutan kegiatan instruksional
                2.  Metode instruksional,
                3.  Media instruksional dan

                4.  Waktu

                                              BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   244   245   246   247   248   249   250   251   252   253   254