Page 247 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 247
Strategi Instruksional 221
BAB 6
STRATEGI INSTRUKSIONAL
Pendahuluan
aat terjadi suatu kegiatan instruksional didalam sebuah
S kelas. guru sedang bertugas menyampaikan pokok-
pokok bahasan dan materi pelajaran kepada peserta didik,
untuk itu dipersyaratkan suatu keterampilan yang harus
dikuasai oleh seorang guru. Bagaimana cara menyampaikan
urutan materi pelajaran tersebut agar peserta didik bisa
belajar, sangat berkaitan erat dengan keterampilan strategi
instruksional yang dikuasai oleh sang guru. Cara-cara yang
dipilih guru dalam menyampaikan materi pelajaran harus
direncanakan secara sistematis, dan diorganisir dengan baik
agar tujuan hasil belajar yang sudah ditentukan terlebih
dahulu, yaitu jenjang kompetensi yang akan dicapai (capaian
pembelajaran) dapat dikuasai dengan maksimal. Oleh karena
itu, guru harus terampil menggunakan strategi instruksional
yang bervariatif agar dapat memberikan respons dan umpan
balik sesegera mungkin terhadap tugas yang dikerjakan oleh
peserta didik. Disamping itu, guru selalu menyediakan waktu
dengan senang hati untuk berkonsultasi dengan peserta didik.
Dapat dikatakanbahwa strategi instruksionaladalah suatu
usaha atau cara-cara guru untuk mencapai tujuan instruksional
yang sudah ditentukan sebelumnya. Dari sudut pandang
teknologi Instruksional guru dituntut untuk menguasai materi
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN