Page 251 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 251
Strategi Instruksional 225
instruksional adalah memberikan rumusan acuan kegiatan
instruksional untuk memperoleh pengalaman belajar yang
inovatif mengenai pengetahuan dan kemampuan berfikir
rasional dalam menyiapkan peserta didik memasuki kehidupan
menjelang masa dewasa. (Zakky/ https://www.zonareferensi.
com/pengertian-strategi-pembelajaran/).
Dalam menyampaikan materi pelajaran guru tidak
saja dituntut mampu dalam hal menguasai materi yang akan
diajarkan, namun harus terampil di dalam menggunakan
strategi instruksional. Dari berbagai pengertian tentang strategi
instruksionalyangdijelaskandiatas, dapatdiartikanmaknadari
strategi instruksional bahwa strategi Instruksional merupakan
perpaduan dari urutan kegiatan, cara pengorganisasian, materi
pelajaran dan peserta didik, peralatan dan bahan serta waktu
yang akan digunakan untuk mencapai Tujuan Instruksional
Khusus (TIK) yang telah ditentukan.
Pada umumnya strategi instruksional terdiri dari
tiga komponen yaitu, komponen pendahuluan, komponen
penyajian informasi dan komponen penutup. Disisi lain,
strategi pembelajaran memiliki beberapa kegunaan dan
manfaat diantaranya adalah terlayani kebutuhan peserta
didik mengenai belajar cara berfikir dengan lebih baik. Juga
membantu guru agar memiliki gambaran bagaimana cara
membantu peserta didik dalam kegiatan instruksionalnya.Hal
ini dikarenakan peserta didik memiliki perbedaan dalam hal
kemampuan, motivasi untuk belajar, keadaan latar belakang
sosial budaya dan tingkat ekonominya. Keadaan ini sangat
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN