Page 253 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 253

Strategi Instruksional      227


                2.  Apakah guru mampu menyajikan materi pelajaran
                    dengan jelas?

                3.  Apakah guru mempersiapkan kegiatan instruksional
                    dengan sungguh-sungguh?
                4.  Apakah guru menyampaikan kerangka berpikir dari

                    materi pelajaran dengan jelas?
                5.  Apakah guru menyampaikan materi pelajaran secara
                    menarik?
                6.  Apakah peserta didik ikut berpartisipasi dalam kegiatan

                    instruksional tersebut?
                7.  Apakah peserta didik diberi test dan latihan setelah

                    selesai mengikuti ?
                8.  Apakah umpan balik diberikan segera dan bagaimana
                    memberikan tindak lanjutnya?
                9.  Apakah  guru  membimbing  peserta  didik  secara

                    maksimal?
                10. Apakah guru memperhatikan peserta didik secara
                    individual?


                     Selama  ini  yang  banyak  terjadi  di  lapangan,  adalah
               keluhan yang kita dengar dari peserta didik, sebagaimana
               keluhan  yang  disampaikan  seperti  pertanyaan  pertanyaan
               diatas yang belum dapat dijawab, karena belum ditemukan
               cara  penyelesaian  dari  masalah  belajar  yang  ada  dengan
               tepat. Pada sisi lain, saat sekarang ini  untuk  menemukan
               seorang  guru  yang  dapat  melaksanakan  kegiatan

               instruksional  secara  sempurna,  adalah  sulit  dan  jarang
               ditemui.

                                              BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   248   249   250   251   252   253   254   255   256   257   258