Page 253 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 253
Strategi Instruksional 227
2. Apakah guru mampu menyajikan materi pelajaran
dengan jelas?
3. Apakah guru mempersiapkan kegiatan instruksional
dengan sungguh-sungguh?
4. Apakah guru menyampaikan kerangka berpikir dari
materi pelajaran dengan jelas?
5. Apakah guru menyampaikan materi pelajaran secara
menarik?
6. Apakah peserta didik ikut berpartisipasi dalam kegiatan
instruksional tersebut?
7. Apakah peserta didik diberi test dan latihan setelah
selesai mengikuti ?
8. Apakah umpan balik diberikan segera dan bagaimana
memberikan tindak lanjutnya?
9. Apakah guru membimbing peserta didik secara
maksimal?
10. Apakah guru memperhatikan peserta didik secara
individual?
Selama ini yang banyak terjadi di lapangan, adalah
keluhan yang kita dengar dari peserta didik, sebagaimana
keluhan yang disampaikan seperti pertanyaan pertanyaan
diatas yang belum dapat dijawab, karena belum ditemukan
cara penyelesaian dari masalah belajar yang ada dengan
tepat. Pada sisi lain, saat sekarang ini untuk menemukan
seorang guru yang dapat melaksanakan kegiatan
instruksional secara sempurna, adalah sulit dan jarang
ditemui.
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN