Page 257 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 257

Strategi Instruksional      231


               untuk menginisiasikan kontak, diskusi, dan refleksi untuk
               memperbaiki  hasil  belajarnya.  Program  yang  dirancang
               dengan  baik  adalah  program  yang  dapat  melakukan

               pencatatan lengkap mengenai hasil setiap peserta didik yang
               ditutorkannya.  Program  tersebut  mampu  menayangkan
               berbagai rincian topik dalam berbagai subjek pelajaran yang

               secara intensif dapat menguji dan mengarahkan peserta didik
               dalam  mempelajari  seluruh  materi  yang  diprogramkan.
               Sejarah  kinerja  peserta  didik  dapat  dikumpulkan  dan
               disimpan dalam memori program tersebut.


                     Disisi  lain,  program  e-learning  dapat  dimanfaatkan
               untuk alat bantu interaksi instruksional guna memperkaya,
               mempermudah,  dan  mempercepat  materi  pembelajaran
               sampai  kepada  yang  membutuhkannya.  Program  ini,
               sebagai  wadah  pembelajaran  dapat  digunakan  sebagai

               bagian  terintegrasi  dalam  materi    pembelajaran.    Wadah
               ini  dapat  membantu  pengajar  mengembangkan  program
               pembelajarannya  di  internet.  Pengajar  dapat  membuat
               rancangan  pembelajaran  yang  dirancang  khusus  untuk

               internet,  kemudian  peserta  didik  dapat  mempelajarinya
               secara mandiri dengan menggunakan berbagai komponen
               pembelajaran berbasis e-learning.

                     Menurut  widhiartadd.yahoo.com  program  e-learning

               mampu berperan dalam menghasilkan berbagai produk bahan
               belajar  yang  jauh  lebih  menarik  untuk  dipelajari,  memiliki
               unsur interaktif yang tinggi, dan mudah dipahami oleh peserta
               didik. Segala kelebihan tersebut dapat mempercepat kegiatan


                                              BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   252   253   254   255   256   257   258   259   260   261   262