Page 257 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 257
Strategi Instruksional 231
untuk menginisiasikan kontak, diskusi, dan refleksi untuk
memperbaiki hasil belajarnya. Program yang dirancang
dengan baik adalah program yang dapat melakukan
pencatatan lengkap mengenai hasil setiap peserta didik yang
ditutorkannya. Program tersebut mampu menayangkan
berbagai rincian topik dalam berbagai subjek pelajaran yang
secara intensif dapat menguji dan mengarahkan peserta didik
dalam mempelajari seluruh materi yang diprogramkan.
Sejarah kinerja peserta didik dapat dikumpulkan dan
disimpan dalam memori program tersebut.
Disisi lain, program e-learning dapat dimanfaatkan
untuk alat bantu interaksi instruksional guna memperkaya,
mempermudah, dan mempercepat materi pembelajaran
sampai kepada yang membutuhkannya. Program ini,
sebagai wadah pembelajaran dapat digunakan sebagai
bagian terintegrasi dalam materi pembelajaran. Wadah
ini dapat membantu pengajar mengembangkan program
pembelajarannya di internet. Pengajar dapat membuat
rancangan pembelajaran yang dirancang khusus untuk
internet, kemudian peserta didik dapat mempelajarinya
secara mandiri dengan menggunakan berbagai komponen
pembelajaran berbasis e-learning.
Menurut widhiartadd.yahoo.com program e-learning
mampu berperan dalam menghasilkan berbagai produk bahan
belajar yang jauh lebih menarik untuk dipelajari, memiliki
unsur interaktif yang tinggi, dan mudah dipahami oleh peserta
didik. Segala kelebihan tersebut dapat mempercepat kegiatan
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN