Page 259 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 259

Strategi Instruksional      233


               antara peserta didik dengan peserta didik, antara peserta didik
               dengan tutor, antara peserta didik dengan materi bahan ajar.


                      Penerapan program e-learning didalam suatu kegiatan
               instruksional merupakan suatu jalan yang panjang, biasanya
               dimulai dari tahap pengenalan masalah atau kebutuhan peserta
               didik,  dan  diteruskan  oleh  penelitian  dan  pengembangan.
               Selanjutnya  baru  dilaksanakan  program  e-learning  tersebut.

               Penerapan program ini didorong oleh kebutuhan dan masalah-
               masalah  yang  berasal  dari  dalam,  dan  luar  diri,  lingkungan
               hidup yang dialami oleh peserta didik.

                     Faktor  lingkungan  hidup  sangat  memegang  peran

               penting di dalam terjadinya suatu innovasi instruksional. Oleh
               karena itu, para ahli pendidikan dan pakar instruksional selalu

               berusaha untuk mengatasi masalah dan mencari solusi yang
               terbaik untuk memenuhi kebutuhan peserta didik sesuai dengan
               lingkungan  hidupnya.  Didalam  kegiatan  instruksional  yang

               terjadi  saat  ini,  berbagai  macam  jenis  inovasi  instruksional
               dilakukan  oleh  penyelenggara  pendidikan.  Berbagai  pola

               pemikiran telah dikembangkan untuk mencari alternatif yang
               terbaik tentang inovasi instruksional yang akan dikembangkan.
               Berbagai  penyempurnaan  terus  menerus  dilaksanakan  oleh

               para ahli pendidikan dan ahli desain instruksional, dan ini telah
               berlangsung  secara  besar-besaran  beberapa  tahun  terakhir
               ini.  Terutama  Universitas  Terbuka  sebagai  penyelenggara

               pendidikan  yang  menggunakan  sistem  belajar  jarak  jauh
               (SBJJ).


                                              BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   254   255   256   257   258   259   260   261   262   263   264