Page 259 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 259
Strategi Instruksional 233
antara peserta didik dengan peserta didik, antara peserta didik
dengan tutor, antara peserta didik dengan materi bahan ajar.
Penerapan program e-learning didalam suatu kegiatan
instruksional merupakan suatu jalan yang panjang, biasanya
dimulai dari tahap pengenalan masalah atau kebutuhan peserta
didik, dan diteruskan oleh penelitian dan pengembangan.
Selanjutnya baru dilaksanakan program e-learning tersebut.
Penerapan program ini didorong oleh kebutuhan dan masalah-
masalah yang berasal dari dalam, dan luar diri, lingkungan
hidup yang dialami oleh peserta didik.
Faktor lingkungan hidup sangat memegang peran
penting di dalam terjadinya suatu innovasi instruksional. Oleh
karena itu, para ahli pendidikan dan pakar instruksional selalu
berusaha untuk mengatasi masalah dan mencari solusi yang
terbaik untuk memenuhi kebutuhan peserta didik sesuai dengan
lingkungan hidupnya. Didalam kegiatan instruksional yang
terjadi saat ini, berbagai macam jenis inovasi instruksional
dilakukan oleh penyelenggara pendidikan. Berbagai pola
pemikiran telah dikembangkan untuk mencari alternatif yang
terbaik tentang inovasi instruksional yang akan dikembangkan.
Berbagai penyempurnaan terus menerus dilaksanakan oleh
para ahli pendidikan dan ahli desain instruksional, dan ini telah
berlangsung secara besar-besaran beberapa tahun terakhir
ini. Terutama Universitas Terbuka sebagai penyelenggara
pendidikan yang menggunakan sistem belajar jarak jauh
(SBJJ).
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN