Page 263 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 263
Strategi Instruksional 237
secara mental siap mempelajari pengetahuan, keterampilan
dan sikap, dan selanjutnya baru menjelaskan dengan singkat
isi pelajaran, relevansi isi pelajaran dengan pengalaman
peserta didik dan menjelaskan tujuan pelajaran. Pada
tahap Penyajian Informasi terdiri atas enam langkah yaitu:
Uraian, Contoh dan Non-Contoh, Latihan, Tes Formatif,
Rangkuman, Glosarium.
Pada tahap langkah guru menyajikan uraian dalam kegiatan
instruksional, guru memberi penjelasan tentang materi
pelajaran yang berkaitan dengan konsep-konsep, teori-
teori, prinsip dan prosedur yang sudah direncanakan.
Kegiatan instruksional memberikan uraian ini merupakan
kegiatan kunci atau inti, karena memerlukan waktu yang
lebih banyak dari waktu untuk kegiatan yang lain.
Contoh, dan Non-Contoh, guru memberikan contoh benda
secara konkrit dan praktis dari uraian yang sudah diberikan.
Non-contoh diberikan oleh guru terhadap kesalahan
pengertian atau penyimpangan dari teori-teori dan konsep
yang telah diberikan pada saat uraian diberikan.
Selanjutnya, diberikan latihan untuk peserta didik. Latihan
dilakukan dalam rangka menerapkan teori-teori, konsep,
prinsip atau prosedur yang sedang dipelajari kedalam bentuk
praktik nyata atau pemecahan masalah belajar. Latihan
merupakan bagian dari kegiatan instruksional peserta
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN