Page 263 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 263

Strategi Instruksional      237


               secara mental siap mempelajari pengetahuan, keterampilan
               dan sikap, dan selanjutnya baru menjelaskan dengan singkat

               isi  pelajaran,  relevansi  isi  pelajaran  dengan  pengalaman
               peserta  didik  dan  menjelaskan  tujuan  pelajaran.  Pada

               tahap Penyajian Informasi terdiri atas enam langkah yaitu:
               Uraian,  Contoh  dan  Non-Contoh,  Latihan,  Tes  Formatif,
               Rangkuman, Glosarium.


               Pada tahap langkah guru menyajikan uraian dalam kegiatan
               instruksional,  guru  memberi  penjelasan  tentang  materi

               pelajaran  yang  berkaitan  dengan  konsep-konsep,  teori-
               teori,  prinsip  dan  prosedur  yang  sudah  direncanakan.
               Kegiatan instruksional memberikan uraian ini merupakan

               kegiatan  kunci  atau inti,  karena memerlukan  waktu  yang
               lebih banyak dari waktu untuk kegiatan yang lain.


               Contoh, dan Non-Contoh, guru memberikan contoh benda
               secara konkrit dan praktis dari uraian yang sudah diberikan.

               Non-contoh  diberikan  oleh  guru  terhadap  kesalahan
               pengertian atau penyimpangan dari teori-teori dan konsep

               yang telah diberikan pada saat uraian diberikan.

               Selanjutnya, diberikan latihan untuk peserta didik. Latihan
               dilakukan  dalam  rangka  menerapkan  teori-teori,  konsep,

               prinsip atau prosedur yang sedang dipelajari kedalam bentuk
               praktik  nyata  atau  pemecahan  masalah  belajar.  Latihan

               merupakan bagian dari kegiatan instruksional peserta
                                              BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   258   259   260   261   262   263   264   265   266   267   268