Page 267 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 267
Strategi Instruksional 241
pada saat terjadinya pertemuan dengan pengajar ditambah
dengan waktu yang digunakan untuk belajar mandiri dan
melaksanakan tugas yang diberikan oleh pengajar untuk
diselesaikan pada saat diluar pertemuan dengan pengajar.
Jumlah alokasi waktu belajar ini akan menentukan bobot
SKS suatu mata kuliah atau suatu mata pelajaran.
Menurut Suparman (2010), penentuan waktu yangdibutuhkan
pengajar dan peserta didik pada setiap langkah dalam urutan
kegiatan instruksional merupakan salah satu pembatasan
bagi pengajar dan peserta didik bahwa tujuan instruksional
akan dapat dicapai bila mereka dapat memenuhinya.Untuk
suatu tujuan instruksional yang menghendaki penggunaan
sebahagian besar dari waktu kegiatan instruksional
dicurahkan pada latihan misalnya, tidak dapat diganti dengan
banyak uraian tetapi sedikit latihan.
Program e-learning atau software yang dikembangkan
sesuai dengan prinsip belajar mandiri (self instructional).
Konsep belajar mandiri dilandasi filsafat pendidikan yang
dikemukakan oleh Peter & Hirst yang merumuskan bahwa
kegiatan instruksional dapat terjadi tanpa harus adanya
proses mengajar. Berdasarkan filsafat pendidikan tersebut,
program e-learning yang dikembangkan dapat digunakan
didalam kelas atau diluar kelas, sehingga software ini dapat
digunakan kapan saja, tanpa ada pembatasan waktu.
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN