Page 267 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 267

Strategi Instruksional      241


               pada saat terjadinya pertemuan dengan pengajar ditambah
               dengan waktu yang digunakan untuk belajar mandiri dan
               melaksanakan  tugas  yang  diberikan  oleh  pengajar  untuk

               diselesaikan pada saat diluar pertemuan dengan pengajar.
               Jumlah alokasi waktu belajar ini akan menentukan bobot
               SKS suatu mata kuliah atau suatu mata pelajaran.


               Menurut Suparman (2010), penentuan waktu yangdibutuhkan
               pengajar dan peserta didik pada setiap langkah dalam urutan
               kegiatan  instruksional  merupakan  salah  satu  pembatasan
               bagi pengajar dan peserta didik bahwa tujuan instruksional

               akan dapat dicapai bila mereka dapat memenuhinya.Untuk
               suatu tujuan instruksional yang menghendaki penggunaan
               sebahagian  besar  dari  waktu  kegiatan  instruksional

               dicurahkan pada latihan misalnya, tidak dapat diganti dengan
               banyak uraian tetapi sedikit  latihan.

               Program  e-learning  atau  software  yang  dikembangkan
               sesuai  dengan  prinsip  belajar  mandiri  (self  instructional).

               Konsep belajar mandiri dilandasi filsafat pendidikan yang
               dikemukakan oleh Peter & Hirst yang merumuskan bahwa
               kegiatan  instruksional  dapat  terjadi  tanpa  harus  adanya

               proses mengajar. Berdasarkan filsafat pendidikan tersebut,
               program  e-learning  yang  dikembangkan  dapat  digunakan
               didalam kelas atau diluar kelas, sehingga software ini dapat
               digunakan kapan saja, tanpa ada pembatasan waktu.






                                              BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   262   263   264   265   266   267   268   269   270   271   272