Page 271 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 271
Strategi Instruksional 245
c. Keyakinan (Confidence) dapat ditingkatkan dengan
membuat harapan peserta didik dalam belajar cukup
jelas, memberikan kesempatan untuk berhasil di
dalam pelajaran dan memberikan peserta didik
kontrol pribadi.
d. Kepuasan (Satisfaction) dapat ditingkatkan
melalui kegiatan yang membuat peserta didik dapat
menggunakan apa yang telah peserta didik pelajari
secara nyata dan berguna, dengan memberikan
konsekuensi positif yang mengikuti perkembangan,
dukungan selama masa sulit dan bersikap adil.
Menurut Alessie & Trollip (1991), yang dimaksud
dengan bersikap adil yaitu, keadilan dilakukan
melalui konsistensi pelajaran, kegiatan yang sesuai
dengan tujuan yang sudah ditetapkan dan evaluasi
yang konsisten terhadap tindakan-tindakan peserta
didik.
4. Model Alessi & Trollif ( 1991)
Pada dasarnya strategi instruksional adalah salah
satu keterampilan yang harus dikuasai oleh pengajar
dalam menyampaikan materi pelajaran. Strategi
instruksional yang akan dijelaskan berikut ini adalah
strategi Instruksional yang lebih tepat untuk diterapkan
dalam kegiatan instruksional untuk program e-learning.
Menurut Alessi & Trollif (1991), dalam membuat
program instruksional berbasis e-learning agar kegiatan
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN