Page 275 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 275
Strategi Instruksional 249
didik, memiliki minat yang berbeda antara
satu sama lainnya, tentu sulit untuk membuat
pertanyaan yang standar. Keterampilan
membuat pertanyaan-pertanyaan yang berbeda
ini, merupakan seni dari seorang guru dan
juga menunjukkan apakah guru mampu
untuk bisa memahami peserta didik secara
individual. Pemahaman guru mengenai beberapa
keterampilan teknik komunikasi yang bervariasi
dapat membantu guru untuk menarik minat
peserta didik.
b. Memberitahukan Tindakan Tujuan
Instruksional Khusus Kepada Peserta Didik
Tindakan memberitahu Tujuan
Instruksional Khusus membantu guru agar tetap
berpegang pada tujuan yang telah ditentukan. Di
samping itu, tujuan utama menyampaikan Tujuan
Instruksional Khusus (TIK) kepada peserta didik
adalah untuk menjawab pertanyaan peserta didik
”Mencapai Tujuankah Saya Belajar?”. Oleh
karena itulah diharapkan kepada semua guru
dalam menyusun Tujuan Instruksional Khusus
yang akan ditetapkan dalam suatu kegiatan
instruksional harus menggunakan kata-kata yang
lebih operasional, agar tidak terjadi penafsiran
arti yang kurang tepat, karena pengertian yang
terlalu luas.
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN