Page 275 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 275

Strategi Instruksional      249


                        didik, memiliki minat yang berbeda antara
                        satu  sama  lainnya,  tentu  sulit  untuk  membuat
                        pertanyaan     yang     standar.     Keterampilan

                        membuat  pertanyaan-pertanyaan  yang  berbeda
                        ini,  merupakan  seni  dari  seorang    guru    dan
                        juga   menunjukkan       apakah    guru    mampu

                        untuk  bisa  memahami  peserta  didik  secara
                        individual. Pemahaman guru mengenai beberapa
                        keterampilan teknik komunikasi yang bervariasi
                        dapat  membantu  guru  untuk  menarik  minat
                        peserta didik.


                    b.  Memberitahukan            Tindakan         Tujuan
                        Instruksional Khusus Kepada Peserta Didik

                              Tindakan        memberitahu          Tujuan
                        Instruksional Khusus membantu guru agar tetap
                        berpegang pada tujuan yang telah ditentukan. Di

                        samping itu, tujuan utama menyampaikan Tujuan
                        Instruksional Khusus (TIK) kepada peserta didik
                        adalah untuk menjawab pertanyaan peserta didik

                        ”Mencapai  Tujuankah  Saya  Belajar?”.  Oleh
                        karena  itulah  diharapkan  kepada  semua  guru

                        dalam  menyusun  Tujuan  Instruksional  Khusus
                        yang  akan  ditetapkan  dalam  suatu  kegiatan
                        instruksional harus menggunakan kata-kata yang

                        lebih  operasional,  agar  tidak  terjadi  penafsiran
                        arti  yang  kurang  tepat,  karena  pengertian  yang

                        terlalu luas.
                                              BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   270   271   272   273   274   275   276   277   278   279   280