Page 278 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 278
252 Strategi Instruksional
h. Penilaian Penampilan (Hasil Belajar).
Jika peserta didik tidak menunjukkan
penampilan yang tepat dapat dilihat melalui
penilaian hasil belajar. Penilaian hasil belajar
dapat dilakukan secara lisan, tes tertulis dan
sebagainya bisa tiap selesai satu unit pelajaran,
atau menunggu selesai beberapa unit pelajaran.
Semakin sering dan teratur penilaian hasil
belajar dilakukan semakin baik hasil belajar yang
dicapai, apalagi jika sifat penilaian memperbaiki
kesalahan.
i. Memacu Kemampuan Mengingat-ingat dan
Transfer
Pengetahuan harus diingat kembali, dalam
perencanaan kegiatan instruksional harus ada
ulangan-ulangan yang diadakan pada waktu
tertentu. Memberi tambahan informasi yang
lebih luas dan yang ada kaitannya dengan bahan
yang sudah dipelajari adalah yang paling baik.
Disamping itu memberikan kesempatan untuk
mengingat dengan menggunakan banyak contoh
dan memberikan masalah baru untuk dipecahkan
bersama. Karena jika peserta didik mengadakan
latihan secara terus menerus dapat memacu
kemampuan mengingat peserta didik.
Sembilan peristiwa belajar tesebut, jika dibuat
secara visual adalah sebagai berikut :
PROFIL GURU MASA DEPAN