Page 278 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 278

252        Strategi Instruksional

                h.  Penilaian Penampilan (Hasil Belajar).

                          Jika  peserta  didik  tidak  menunjukkan
                    penampilan  yang  tepat  dapat  dilihat  melalui
                    penilaian  hasil  belajar.  Penilaian  hasil  belajar
                    dapat  dilakukan  secara  lisan,  tes  tertulis  dan

                    sebagainya bisa tiap selesai satu unit pelajaran,
                    atau menunggu selesai beberapa unit pelajaran.
                    Semakin  sering  dan  teratur  penilaian  hasil
                    belajar dilakukan semakin baik hasil belajar yang

                    dicapai, apalagi jika sifat penilaian memperbaiki
                    kesalahan.

                i.  Memacu Kemampuan Mengingat-ingat dan
                    Transfer
                          Pengetahuan harus diingat kembali, dalam

                    perencanaan  kegiatan  instruksional  harus  ada
                    ulangan-ulangan  yang  diadakan  pada  waktu
                    tertentu.  Memberi  tambahan  informasi  yang
                    lebih luas dan yang ada kaitannya dengan bahan
                    yang  sudah  dipelajari  adalah  yang  paling  baik.
                    Disamping  itu  memberikan  kesempatan  untuk
                    mengingat dengan menggunakan banyak contoh

                    dan memberikan masalah baru untuk dipecahkan
                    bersama. Karena jika peserta didik mengadakan
                    latihan  secara  terus  menerus  dapat  memacu
                    kemampuan mengingat peserta didik.

                 Sembilan peristiwa belajar tesebut, jika dibuat
           secara visual adalah sebagai berikut :


           PROFIL GURU MASA DEPAN
   273   274   275   276   277   278   279   280   281   282   283