Page 281 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 281

Strategi Instruksional      255


               Penelitian  mengenai  masalah  ini  sangat  langkah,  dan  para

               pendidik  sepakat,  bahwa  kita  tidak  akan    pernah    sampai
               pada  suatu  kesimpulan,  bahwa  setiap  kegiatan  instruksional
               dapat  ditentukan  secara  baku  tentang  strategi  instruksional

               yang paling efektif dan paling efisien. Selanjutnya, menurut
               Suparman  (2014),  keadaan  tidak  tercapainya  kesepakatan
               tentang strategi instruksional yang bersifat baku untuk bidang

               tertentu  justru  merupakan  dinamika  yang  perlu  dipelihara.
               Dinamika  seperti  itu  akan  melahirkan  inovasi  instruksional

               yang tiada henti.

                     Sebelum  pembaca  membaca  buku  ini  sampai  selesai,

               perlu  penulis  beritahu  tentang  penggunaan  berbagai  teknis
               istilah  yang  berada  dalam  kawasan  teknologi  pendidikan.

               Pada  umumnya  istilah  teknis  teknologi  pendidikan  yang
               dipergunakan didalam  buku ini berasal  dari Bahasa  Inggris.
               Penggunaan istilah dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia

               tetap  dipertahankan,  agar  tidak  kehilangan  makna  yang
               sebenarnya.  Didalam  buku  ini  masih  tetap  mempergunakan
               terjemahannya  didalam  Bahasa  Indonesia    yang    kadang

               saling dipertukarkan sesuai dengan arti kalimatnya. Mengenai
               makna penggunaan istilah didalam Bahasa Inggeris ke Bahasa
               Indonesia penulis serahkan sepenuhnya kepada pembaca untuk

               mengartikannya.


                     Silahkan saja pembaca menafsirkannya sendiri, asal tidak
               kehilangan arti yang sebenarnya, seperti contoh, penggunaan
                                              BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   276   277   278   279   280   281   282   283   284   285   286