Page 280 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 280

254        Strategi Instruksional

                    kompetensi yang akan dicapai, setelah kegiatan

                    kegiatan instruksional selesai.
                b.  Selanjutnya,  menentukan  kompetensi  pembelajaran
                    yang  ingin  dicapai  dengan  mempertimbangkan

                    karaktristik peserta didik. Perlu adanya peningkatan
                    knowledge, skills, atau attitude.
                c.  Menentukan      ranah      kemampuan      intelektual

                    sesuai  dengan  kompetensi  pembelajaran.  Ranah
                    kemampuan  intelektual  ini  terdiri  dari  ranah

                    Kognitif, ranah Afektif, dan ranah Psikomotorik.
                d.  Menggunakan  kata  kerja  kunci  yang  sesuai.Untuk
                    menjelaskan  instruksi  kedalaman  material,  tujuan

                    pembelajaran,  kompetensi  dasar  dan  indikator
                    pencapaian.Kata kunci ranah Kognitif (Pengetahuan)

                    terdiri  dari,  mengingat,  memahami,  menerapkan,
                    menganalisis, mengevaluasi dan mencipta.


                 Briggs  dan  Wager  (1981)  menyatakan,  tidak  semua
           kegiatan    instruksional   memerlukan    urutan    kegiatan
           instruksional  seperti  yang  dijelaskan  diatas,  tetapi  dapat

           menggunakan  sebahagian  komponen  saja  dari  satu  model,
           atau  kombinasi  dari  beberapa  model.  Pemilihan  komponen
           disesuaikan dengan jenis kompetensi yang sudah ditentukan

           dalam  tujuan  instruksional,  karakteristik  peserta  didik  dan
           sarana  prasarana  yang  tersedia.  Menurut  Briggs  &  Wager

           (1981),  belum  ada  hasil  penelitian  tentang  urutan  kegiatan
           instruksional yang sesuai dengan semua peserta didik.
           PROFIL GURU MASA DEPAN
   275   276   277   278   279   280   281   282   283   284   285