Page 280 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 280
254 Strategi Instruksional
kompetensi yang akan dicapai, setelah kegiatan
kegiatan instruksional selesai.
b. Selanjutnya, menentukan kompetensi pembelajaran
yang ingin dicapai dengan mempertimbangkan
karaktristik peserta didik. Perlu adanya peningkatan
knowledge, skills, atau attitude.
c. Menentukan ranah kemampuan intelektual
sesuai dengan kompetensi pembelajaran. Ranah
kemampuan intelektual ini terdiri dari ranah
Kognitif, ranah Afektif, dan ranah Psikomotorik.
d. Menggunakan kata kerja kunci yang sesuai.Untuk
menjelaskan instruksi kedalaman material, tujuan
pembelajaran, kompetensi dasar dan indikator
pencapaian.Kata kunci ranah Kognitif (Pengetahuan)
terdiri dari, mengingat, memahami, menerapkan,
menganalisis, mengevaluasi dan mencipta.
Briggs dan Wager (1981) menyatakan, tidak semua
kegiatan instruksional memerlukan urutan kegiatan
instruksional seperti yang dijelaskan diatas, tetapi dapat
menggunakan sebahagian komponen saja dari satu model,
atau kombinasi dari beberapa model. Pemilihan komponen
disesuaikan dengan jenis kompetensi yang sudah ditentukan
dalam tujuan instruksional, karakteristik peserta didik dan
sarana prasarana yang tersedia. Menurut Briggs & Wager
(1981), belum ada hasil penelitian tentang urutan kegiatan
instruksional yang sesuai dengan semua peserta didik.
PROFIL GURU MASA DEPAN