Page 276 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 276
250 Strategi Instruksional
c. Memacu Kembali Kemampuan Belajar
Kegiatan instruksional ini pada dasarnya
mengkombinasikan pokok-pokok pikiran, antara
pikiran yang lama ke hal yang baru. Pada saat
kegiatan instruksional terjadi kemampuan yang
telah dikuasai benar-benar dapat diungkapkan
kembali untuk dapat berperan dalam kegiatan
instruksional yang sedang terjadi. Disisi lain
guru dapat meminta peserta didik mengenal,
mengingat kembali ataupun guru bertanya.
Pertanyaan yangdiajukanakanmembantupeserta
didik untuk mengingat kembali pengetahuan
yang pernah dipelajari.
d. Menyampaikan Materi Pelajaran Kepada
Peserta Didik Perlu Dipilih Secara Tepat
Menyampaikan materi pelajaran kepada
peserta didik perlu dipilih secara tepat, tujuannya
agar peserta didik terhindar dari menguasai
keterampilan yang salah. Penyajian materi
pelajaran dalam mempelajari konsep dan dalil
memerlukan penggunaan contoh-contoh yang
jelas dan bervariasi. Lebih baik memberikan
berbagai contoh terlebih dahulu sebelum
diberikan definisi konsep yang sebenarnya.
e. Memberikan Petunjuk Kepada Peserta Didik
Dalam hal-hal tertentu, beberapa peserta didik
memerlukan petunjuk belajar lebih banyak dari
pada peserta didik lainnya. Jika petunjuk
PROFIL GURU MASA DEPAN