Page 276 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 276

250        Strategi Instruksional

                c.  Memacu Kembali Kemampuan Belajar
                          Kegiatan  instruksional  ini  pada  dasarnya

                    mengkombinasikan pokok-pokok pikiran, antara
                    pikiran yang lama ke  hal yang baru. Pada saat

                    kegiatan instruksional terjadi kemampuan  yang
                    telah  dikuasai  benar-benar  dapat  diungkapkan
                    kembali  untuk  dapat  berperan  dalam  kegiatan

                    instruksional  yang  sedang  terjadi.  Disisi  lain
                    guru  dapat  meminta  peserta  didik  mengenal,

                    mengingat  kembali  ataupun  guru  bertanya.
                    Pertanyaan yangdiajukanakanmembantupeserta
                    didik  untuk  mengingat  kembali  pengetahuan

                    yang pernah dipelajari.

                d.  Menyampaikan Materi Pelajaran Kepada
                    Peserta Didik Perlu Dipilih Secara Tepat
                          Menyampaikan  materi  pelajaran  kepada
                    peserta didik perlu dipilih secara tepat, tujuannya
                    agar  peserta  didik  terhindar  dari  menguasai
                    keterampilan  yang  salah.  Penyajian  materi

                    pelajaran  dalam  mempelajari  konsep  dan  dalil
                    memerlukan  penggunaan  contoh-contoh  yang
                    jelas  dan  bervariasi.  Lebih  baik  memberikan
                    berbagai  contoh  terlebih  dahulu  sebelum
                    diberikan definisi konsep yang sebenarnya.
                e.  Memberikan Petunjuk Kepada Peserta Didik
                    Dalam hal-hal tertentu,  beberapa  peserta  didik

                     memerlukan petunjuk belajar lebih banyak dari
                            pada peserta didik lainnya. Jika petunjuk
           PROFIL GURU MASA DEPAN
   271   272   273   274   275   276   277   278   279   280   281