Page 274 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 274
248 Strategi Instruksional
program ini biasanya menggunakan tiga fase utama,
untuk testing dilakukan di dalam kelas dengan cara-
cara tradisional. Apabila perancang instruksional
menginginkan keempat fase tersebut dirancang
di dalam program dan sepenuhnya bertanggung
jawab untuk Urutan Kegiatan Instruksional secara
keseluruhan, maka keempat fase tersebut dapat
dirancang didalam program tersebut.
5. Model Gagne (Nine Events of Instruction)
Menurut Gagne, dalam bukunya “The Condition
of Learning“ (1965), Ia memperkenalkan istilah “nine
events of instruction“ (sembilan peristiwa belajar),
merupakan tahap yang berurutan di dalam sebuah
kegiatan instruksional. Urutan kegiatan instruksional
yang berbasis e-learning dan tradisional dapat
diterapkan sembilan peristiwa belajar dari Gagne
ini. Tujuan pemberian sembilan peristiwa belajar ini,
agar dapat menciptakan kondisi belajar sedemikian
rupa, agar kegiatan instruksional dapat dicapai secara
efektif dan efisien. Sembilan peristiwa belajar tersebut
adalah sbb:
a. Menarik Perhatian
Cara yang paling tepat untuk menarik
perhatian peserta didik adalah dengan cara
membangkitkan minat peserta didik. Untuk
menarik minat peserta didik, guru perlu
mengajukan beberapa pertanyaan. Setiap peserta
PROFIL GURU MASA DEPAN