Page 274 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 274

248        Strategi Instruksional

                program  ini  biasanya  menggunakan  tiga  fase  utama,

                untuk  testing  dilakukan  di  dalam  kelas  dengan  cara-
                cara  tradisional.  Apabila  perancang  instruksional
                menginginkan   keempat   fase   tersebut    dirancang
                di  dalam  program  dan  sepenuhnya  bertanggung

                jawab  untuk  Urutan  Kegiatan  Instruksional  secara
                keseluruhan,  maka  keempat  fase  tersebut  dapat
                dirancang didalam program tersebut.

            5.  Model Gagne (Nine Events of Instruction)
                     Menurut Gagne, dalam bukunya “The Condition
                of Learning“ (1965), Ia memperkenalkan istilah “nine

                events  of  instruction“  (sembilan  peristiwa  belajar),
                merupakan  tahap  yang  berurutan  di  dalam  sebuah
                kegiatan  instruksional.  Urutan  kegiatan  instruksional

                yang  berbasis  e-learning  dan  tradisional  dapat
                diterapkan  sembilan  peristiwa  belajar    dari    Gagne
                ini. Tujuan pemberian sembilan peristiwa belajar ini,
                agar  dapat  menciptakan  kondisi  belajar  sedemikian
                rupa, agar kegiatan instruksional dapat dicapai secara

                efektif dan efisien. Sembilan peristiwa belajar tersebut
                adalah sbb:

                a.  Menarik Perhatian
                          Cara  yang  paling  tepat  untuk  menarik

                    perhatian  peserta  didik  adalah  dengan  cara
                    membangkitkan  minat  peserta  didik.  Untuk
                    menarik  minat  peserta  didik,  guru  perlu
                    mengajukan beberapa pertanyaan. Setiap peserta

           PROFIL GURU MASA DEPAN
   269   270   271   272   273   274   275   276   277   278   279