Page 270 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 270
244 Strategi Instruksional
secara terus menerus harus dapat dibangkitkan oleh
guru. Sekalipun program e-learning sudah dirancang
dengan baik dan disampaikan dengan sempurna, tetapi
kemungkinan bisa gagal karena peserta didik bosan
belajar, karena tidak ada motivasi belajar. Fenrich
(1997), mengatakan empat faktor yang relevan untuk
menciptakan pembelajaran yang dapat memotivasi
peserta didik adalah :
a. Perhatian (Attension)
b. Relevansi (Relevance)
c. Keyakinan (Confidence)
d. Kepuasan (Satisfaction).
a. Perhatian (Attension) tidak selalu harus diperoleh
diawal pelajaran tetapi harus dipertahankan
sepanjang kegiatan instruksional berlangsung.
Rasa ingin tahu adalah salah satu cara untuk
mempertahankan perhatian termasuk adanya variasi
isi dan persepsi.
b. Relevansi (Relevance) memperlihatkan pada
peserta didik apa yang sedang mereka pelajari
akan berguna bagi mereka. Contoh-contoh yang
mendorong fantasi juga bisa dipakai sebagai contoh-
contoh yang berhubungan dengan kepentingan atau
ketertarikan peserta didik. Guru dapat memberikan
contoh-contoh yang relevan dengan kehidupan
sehari-hari atau yang berhubungan dengan masalah-
masalah yang terjadi dikelas.
PROFIL GURU MASA DEPAN