Page 270 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 270

244        Strategi Instruksional

                 secara  terus  menerus  harus  dapat  dibangkitkan  oleh
                 guru.  Sekalipun  program  e-learning  sudah  dirancang
                 dengan baik dan disampaikan dengan sempurna, tetapi

                 kemungkinan  bisa  gagal  karena  peserta  didik  bosan
                 belajar,  karena  tidak  ada  motivasi  belajar.  Fenrich
                 (1997),  mengatakan  empat  faktor  yang  relevan  untuk

                 menciptakan  pembelajaran  yang  dapat  memotivasi
                 peserta didik adalah :
                 a. Perhatian (Attension)
                 b. Relevansi (Relevance)
                 c. Keyakinan (Confidence)

                 d. Kepuasan (Satisfaction).

                 a.  Perhatian (Attension) tidak selalu harus diperoleh
                    diawal  pelajaran  tetapi  harus  dipertahankan
                    sepanjang  kegiatan  instruksional    berlangsung.

                    Rasa  ingin  tahu  adalah  salah  satu  cara  untuk
                    mempertahankan perhatian termasuk adanya variasi
                    isi dan persepsi.

                 b.  Relevansi  (Relevance)  memperlihatkan  pada

                    peserta  didik  apa  yang  sedang    mereka    pelajari
                    akan  berguna  bagi  mereka.  Contoh-contoh  yang
                    mendorong fantasi juga bisa dipakai sebagai contoh-
                    contoh yang berhubungan dengan kepentingan atau

                    ketertarikan peserta didik. Guru dapat memberikan
                    contoh-contoh  yang  relevan  dengan  kehidupan
                    sehari-hari atau yang berhubungan dengan masalah-
                    masalah yang terjadi dikelas.


           PROFIL GURU MASA DEPAN
   265   266   267   268   269   270   271   272   273   274   275