Page 265 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 265

Strategi Instruksional      239


               balik yang diberikan segera dapat meningkatkan kualitas
               kegiatan istruksional yang sedang berjalan.


               Pada  tahap  langkah  melakukan  Tindak  Lanjut,  peserta
               didik melakukan kegiatan setelah melakukan tes formatif
               dan  mendapatkan  umpan  balik.  Peserta  didik  yang  telah

               memperoleh  hasil  tes  formatif  yang  baik,  guru  perlu
               memberikan  dorongan  untuk  meneruskan  kegiatan
               instruksionalnya lebih tinggi. Bagi peserta didik yang  tes
               formatifnya  belum  mencapai  ketingkat  yang  lebih  tinggi,

               atau belum sesuai dengan tujuan instruksional yang sudah
               ditetapkan, perlu diberi bahan pengayaan untuk memperluas
               dan  memperdalam  pengetahuannya.  Dari  uraian  model
               strategi  instruksional  menurut  Suparman  (2010)  tersebut,

               dapat  disimpulkan  bahwa  model  strategi  instruksional
               yang  menggunakan    Urutan    Kegiatan    Instruksional
               secara  sistematis  dan  konsisten  memiliki  potensi  untuk
               memudahkan belajar peserta didik. Urutan yang sistematis

               dan  konsisten  penting  karena  urutan  tersebut  sudah
               dirancang sesuai dengan kompetensi yang diharapkan dapat
               dikuasai oleh peserta didik. Ia akan menunjukkan urutan-
               urutan yang perlu diikuti dalam menyajikan suatu materi.


               Komponen  Kedua,  Garis Besar  Isi, Setelah  menetapkan
               tujuan instruksional secara rinci, langkah berikutnya adalah

               menentukan  Pokok  Bahasan  dan  Sub  Pokok  Bahasan.
               Garis Besar Isi, biasa disebut dengan Pokok Bahasan dan

               Sub Pokok Bahasan. Setiap topik dapat dirinci menjadi
                                              BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   260   261   262   263   264   265   266   267   268   269   270