Page 264 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 264

238        Strategi Instruksional

           didik,  tetapi  bukan  tes.  Latihan  yang  diberikan  berulang
           kali, hasilnya akan lebih baik. Dengan latihan peserta didik

           belajar lebih aktif, diikuti oleh bimbingan dan koreksi atas
           kesalahan yang dilakukan pada saat latihan berlangsung.


           Tes Formatif, diberikan kepada peserta didik dalam rangka
           mengukur  kemajuan  belajar  dan  tingkat  pencapaian
           peserta  didik  setelah  menyelesaikan  suatu  tahap  kegiatan
           instruksional. Hasil tes formatif diberitahu kepada peserta

           didik tentang kemajuan yang telah dicapai.

           Rangkuman  adalah  uraian  singkat  tentang  konsep,  teori-

           teori dan prinsip, serta prosedur yang diberikan pada tahap
           penyajian informasi yang perlu didiskusikan kembali.

           Glosarium  perlu  diberikan  kepada  peserta  didik,  untuk
           menyegarkan kembali istilah teknis dan pengertian tentang

           konsep, teori-teori, prinsip dan prosedur yang telah dibahas
           selama penyajian informasi.


           Pada  tahap  Penutup  yang  terdiri  dari  dua  langkah  yaitu:
           Umpan Balik dan Tindak Lanjut.

           Pada  tahap  langkah  Penutup  yang  merupakan  sub
           komponen  terakhir  dari  Kegiatan  Urutan  Instruksional,

           adalah  melakukan  Umpan  Balik  dengan  cara  membahas
           kunci  jawaban  tes  formatif,  terutama  membahas  jawaban
           yang salah dan menunjukkan cara memperbaikinya. Umpan

           PROFIL GURU MASA DEPAN
   259   260   261   262   263   264   265   266   267   268   269