Page 264 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 264
238 Strategi Instruksional
didik, tetapi bukan tes. Latihan yang diberikan berulang
kali, hasilnya akan lebih baik. Dengan latihan peserta didik
belajar lebih aktif, diikuti oleh bimbingan dan koreksi atas
kesalahan yang dilakukan pada saat latihan berlangsung.
Tes Formatif, diberikan kepada peserta didik dalam rangka
mengukur kemajuan belajar dan tingkat pencapaian
peserta didik setelah menyelesaikan suatu tahap kegiatan
instruksional. Hasil tes formatif diberitahu kepada peserta
didik tentang kemajuan yang telah dicapai.
Rangkuman adalah uraian singkat tentang konsep, teori-
teori dan prinsip, serta prosedur yang diberikan pada tahap
penyajian informasi yang perlu didiskusikan kembali.
Glosarium perlu diberikan kepada peserta didik, untuk
menyegarkan kembali istilah teknis dan pengertian tentang
konsep, teori-teori, prinsip dan prosedur yang telah dibahas
selama penyajian informasi.
Pada tahap Penutup yang terdiri dari dua langkah yaitu:
Umpan Balik dan Tindak Lanjut.
Pada tahap langkah Penutup yang merupakan sub
komponen terakhir dari Kegiatan Urutan Instruksional,
adalah melakukan Umpan Balik dengan cara membahas
kunci jawaban tes formatif, terutama membahas jawaban
yang salah dan menunjukkan cara memperbaikinya. Umpan
PROFIL GURU MASA DEPAN