Page 269 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 269
Strategi Instruksional 243
Tahap Pertama, Kegiatan Instruksional (Preinstructional
Activities), terdiri dari kegiatan menarik perhatian,
menjelaskan tujuan instruksional, menjelaskan dan
mengingatkan keterampilan prasyarat.
Tahap Kedua, Penyajian Isi (Content Presentation), terdiri
dari kegiatan menjelaskan isi, dan memberi bimbingan belajar.
Tahap Ketiga, Partisipasi Peserta Didik (Learner Participation)
terdiri dari kegiatan melakukan latihan dan guru memberi
umpan balik.
Tahap Keempat, Penilaian (Test), terdiri dari tes keterampilan
awal, tes awal dan tes akhir.
Tahap Kelima, Tindak Lanjut (Follow-Through Activities),
tahap terakhir dari kegiatan instruksional adalah melakukan
kegiatan tindak lanjut dengan cara membimbing dan memberi
bantuan kepada peserta didik untuk mengingat kembali
materi pelajaran yang sudah pernah diberikan. Diskusi yang
mendalam dilakukan antara peserta didik dan guru membahas
materi yang sulit dan dihubungi dengan capaian pembelajaran
yang sudah direncanakan terlebih dahulu. Kelima tahap
tersebut merupakan satu perangkat set kegiatan instruksional
dari Dick & Carey & Carey (2009).
3. Model ARCS Fenrich (1997)
Strategi instruksional Model ARCS, menekankan
pentingnya faktor motivasi dalam kegiatan instruksional,
karena motivasi merupakan salah satu aspek penting
dalam kegiatan instruksional. Oleh karena itu motivasi
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN