Page 273 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 273

Strategi Instruksional      247


                         Fase Kedua, membimbing peserta didik pada
                    tahap  ini  guru  dan  peserta  didik  sama-sama  aktif.
                    Setelah  menelaah  informasi,  selanjutnya    peserta

                    didik  harus  mempraktikkannya  di  bawah  bimbingan
                    guru.  Peserta  didik  menjawab  pertanyaan-pertanyaan
                    mengenai  informasi  faktual  yang  juga  menerapkan

                    kaidah-  kaidah  dan  prinsip-prinsip  dalam  kegiatan
                    penyelesaian  masalah.  Secara  terus  menerus  guru
                    mengobservasi peserta  didik mengkoreksi  kesalahan-
                    kesalahan,  dan  guru  membimbingnya.  Jika  peserta
                    didik  mempraktikkan  suatu  keterampilan  (skill)

                    dengan membuat kesalahan, maka guru harus memberi
                    contoh yang benar.

                         Fase  Ketiga,  adalah  tahap  praktik.  Pada  tahap
                    ini,  peserta  didik  menjadi  pusat  perhatian  (central).

                    Kegiatan  instruksional  tidak  sempurna  jika  peserta
                    didik tidak melakukan praktik. Praktik harus dilakukan
                    berulang-ulang  oleh  peserta  didik,  tujuannya  untuk
                    memahami dan menguasi materi. Guru harus mampu

                    melakukannya dengan cepat dan trampil. Oleh karena
                    itu,  peserta  didik  perlu  melakukan  praktik  yang
                    berulang-ulang,  agar  peserta  didik  dapat  menguasai
                    informasi  dengan  baik  sehingga  akan  menjadi  lebih

                    trampil.

                         Fase  Keempat,  tahap  ini  adalah  melakukan
                    penilaian  pembelajaran    kepada    peserta    didik.
                    Urutan Kegiatan Instruksional yang dirancang  untuk


                                              BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   268   269   270   271   272   273   274   275   276   277   278