Page 273 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 273
Strategi Instruksional 247
Fase Kedua, membimbing peserta didik pada
tahap ini guru dan peserta didik sama-sama aktif.
Setelah menelaah informasi, selanjutnya peserta
didik harus mempraktikkannya di bawah bimbingan
guru. Peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan
mengenai informasi faktual yang juga menerapkan
kaidah- kaidah dan prinsip-prinsip dalam kegiatan
penyelesaian masalah. Secara terus menerus guru
mengobservasi peserta didik mengkoreksi kesalahan-
kesalahan, dan guru membimbingnya. Jika peserta
didik mempraktikkan suatu keterampilan (skill)
dengan membuat kesalahan, maka guru harus memberi
contoh yang benar.
Fase Ketiga, adalah tahap praktik. Pada tahap
ini, peserta didik menjadi pusat perhatian (central).
Kegiatan instruksional tidak sempurna jika peserta
didik tidak melakukan praktik. Praktik harus dilakukan
berulang-ulang oleh peserta didik, tujuannya untuk
memahami dan menguasi materi. Guru harus mampu
melakukannya dengan cepat dan trampil. Oleh karena
itu, peserta didik perlu melakukan praktik yang
berulang-ulang, agar peserta didik dapat menguasai
informasi dengan baik sehingga akan menjadi lebih
trampil.
Fase Keempat, tahap ini adalah melakukan
penilaian pembelajaran kepada peserta didik.
Urutan Kegiatan Instruksional yang dirancang untuk
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN