Page 277 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 277
Strategi Instruksional 251
belajar terlalu banyak diberikan dapat membuat
peserta didik bosan, jika petunjuk belajar terlalu
sedikit diberikan dapat membuat peserta didik
yang lambat frustrasi. Berdasarkan hal ini
petunjuk belajar perlu disesuaikan dengan tiap-
tiap individu. Cara yang lebih baik adalah dengan
jalan memberikan petunjuk belajar yang sedikit
pada tahap pertama dan selanjutnya peserta didik
menggunakannya sesuai dengan kebutuhannya.
f. Memancing Tercapainya Penampilan
Jika peserta didik sudah cukup mendapat
petunjuk belajar, peserta didik di bawah ke
arah terjadinya peristiwa belajar. Guru meminta
kepada peserta didik untuk menunjukkan
kemampuan yang mereka miliki, untuk meyakini
guru dan meyakinkan mereka sendiri.
g. Pemberian Umpan Balik
Sekalipun peristiwa belajar dianggap
selesai dan berhasil di saat peserta didik
menunjukkan kemampuannya, Guru memberi
tahu mengenal kebenaran yang diperlihatkan
peserta didik, sehingga ada umpan balik. Dalam
komunikasi ini yang penting adalah fungsinya
yaitu, memberikan informasi kepada peserta
didik tentang kebenaran dari penampilan mereka.
Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan
berbagai macam cara.
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN