Page 277 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 277

Strategi Instruksional      251


                        belajar terlalu banyak diberikan dapat  membuat
                        peserta didik bosan, jika petunjuk belajar terlalu
                        sedikit  diberikan  dapat  membuat  peserta  didik
                        yang  lambat  frustrasi.  Berdasarkan  hal  ini
                        petunjuk belajar perlu disesuaikan dengan tiap-

                        tiap individu. Cara yang lebih baik adalah dengan
                        jalan memberikan petunjuk belajar yang sedikit
                        pada tahap pertama dan selanjutnya peserta didik
                        menggunakannya sesuai dengan kebutuhannya.

                    f.  Memancing Tercapainya Penampilan
                              Jika  peserta  didik  sudah  cukup  mendapat

                        petunjuk  belajar,  peserta  didik  di  bawah  ke
                        arah terjadinya peristiwa belajar. Guru meminta
                        kepada  peserta  didik  untuk  menunjukkan
                        kemampuan yang mereka miliki, untuk meyakini
                        guru dan meyakinkan mereka sendiri.

                    g.  Pemberian Umpan Balik
                              Sekalipun  peristiwa  belajar  dianggap
                        selesai  dan  berhasil  di  saat  peserta  didik

                        menunjukkan  kemampuannya,  Guru  memberi
                        tahu  mengenal  kebenaran  yang  diperlihatkan
                        peserta didik, sehingga ada umpan balik. Dalam
                        komunikasi  ini  yang  penting  adalah  fungsinya
                        yaitu,  memberikan  informasi  kepada  peserta
                        didik tentang kebenaran dari penampilan mereka.

                        Hal  ini  dapat  dilakukan  dengan  menggunakan
                        berbagai macam cara.


                                              BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   272   273   274   275   276   277   278   279   280   281   282