Page 284 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 284

258        Strategi Instruksional

                 komputer  yang  berbasis  pada  teknologi  internet  yang
                 dapat  menampilkan  suara,  warna,  visual,  grafik  dan
                 teks, untuk memenuhi kebutuhan peserta didik. Fungsi

                 komputer disini adalah sebagai Tutor, yang menggantikan
                 peran  pengajar,  sehingga  kegiatan  instruksional  dapat
                 berjalan sebagaimana kelas pembelajaran pada lazimnya.

                 Agar  kegiatan  instruksional  ini  dapat  berjalan  seperti
                 biasa terlebih dahulu harus dibuat program belajarnya.
                 Program  ini  dirancang  sesuai  dengan  konsep-konsep
                 strategi  instruksional,  sistimatis  dan  memperhatikan
                 kebutuhan  peserta  didik,  sehingga  peserta  didik  dapat

                 belajar secara mandiri tanpa ada pengajar. Peran pengajar
                 disini hanya sebagai  fasilitator.


           Daftar Pustaka

            Bahmueller,  C.  F.  (1997).  A  Framework  for  Teaching.
                 Democratic Citizenship: An International Project In The

                 International Journal of Social Education, 12,2
            Budianingsih, C. Asri. (2005). Belajar dan Pembelajaran.
                 Jakarta: PT. Rineka Cipta.

            Carliner, S & Shank, P. (2008). The e-Learning Handbook:
                 Past  Promises,  Present  Challenges.  San  Fransisco:
                 Peiffer Edition.

            Dick, Walter & Carey, L. (1978). The Sistematic Design of
                 Instruction. California Scoot, Foresman and Company.
            Gagne, R.M. dkk. (2005). Principles of Instructional Design.

                 New York: Wadsworth Publishing Co.

           PROFIL GURU MASA DEPAN
   279   280   281   282   283   284   285   286   287   288   289