Page 284 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 284
258 Strategi Instruksional
komputer yang berbasis pada teknologi internet yang
dapat menampilkan suara, warna, visual, grafik dan
teks, untuk memenuhi kebutuhan peserta didik. Fungsi
komputer disini adalah sebagai Tutor, yang menggantikan
peran pengajar, sehingga kegiatan instruksional dapat
berjalan sebagaimana kelas pembelajaran pada lazimnya.
Agar kegiatan instruksional ini dapat berjalan seperti
biasa terlebih dahulu harus dibuat program belajarnya.
Program ini dirancang sesuai dengan konsep-konsep
strategi instruksional, sistimatis dan memperhatikan
kebutuhan peserta didik, sehingga peserta didik dapat
belajar secara mandiri tanpa ada pengajar. Peran pengajar
disini hanya sebagai fasilitator.
Daftar Pustaka
Bahmueller, C. F. (1997). A Framework for Teaching.
Democratic Citizenship: An International Project In The
International Journal of Social Education, 12,2
Budianingsih, C. Asri. (2005). Belajar dan Pembelajaran.
Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Carliner, S & Shank, P. (2008). The e-Learning Handbook:
Past Promises, Present Challenges. San Fransisco:
Peiffer Edition.
Dick, Walter & Carey, L. (1978). The Sistematic Design of
Instruction. California Scoot, Foresman and Company.
Gagne, R.M. dkk. (2005). Principles of Instructional Design.
New York: Wadsworth Publishing Co.
PROFIL GURU MASA DEPAN