Page 81 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 81
BUKU PEMBELAJARAN ONLINE
• khusus untuk WGU dalam konteks di Amerika Serikat,
biaya juga dinilai terjangkau; dan
• di beberapa negara, khususnya di Amerika Serikat,
mahasiswa perkuliahan dengan model PDBK ini juga
dapat mengajukan pinjaman studi.
PDBK pun memiliki beberapa kelemahan, diantaranya
yaitu:
• fokus kompetensi yang ditargetkan umumnya
kompetensi praktis saat ini dan kurang berorientasi
pada penyiapan lulusan untuk fleksibilitas yang
dibutuhkan untuk mengantisipasi ketidakpastian masa
yang akan datang;
• mengikuti pendekatan pembelajaran objektivisme
yang menekankan pada lulus atau tidak lulus, atau
kompeten atau tidak pada satu jenis kompetensi dan
suatu waktu semata. Banyak pakar terutama penganut
70 71
pendekatan konstruktivisme yang berpendapat bahwa
belajar bukan hanya tentang tercapai tidaknya tujuan
pembelajaran yang telah ditetapkan, tetap harus
juga melihat kompetensi-kompetensi lainnya yang
diperlukan untuk perkembangan lulusan selanjutnya;
• sulit diterapkan untuk bidang ilmu atau jenis
keterampilan yang berubah dengan sangat cepat.
• mengabaikan faktor sosial dalam pembelajaran;
• mengabaikan gaya belajar lainnya yang mungkin
disukai pembelajar.
4. Desain Pembelajaran Model Komunitas Praktisi
Desain pembelajaran model komunitas dipengaruhi oleh teori
pembelajaran yang berdasarkan pengalaman (experiental
learning), konstruktivisme sosial, dan konektivisme. Model ini
berkembang dari banyaknya praktisi pada suatu bidang yang