Page 79 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 79
BUKU PEMBELAJARAN ONLINE
Kunci terpenting dalam PDOBK ini memang pada
pengidentifikasian dan perumusan kompetensi-kompetensi
kecil yang harus bertahap dan koheren sehingga akhirnya
dapat mencapai penguasaan kompetensi akhir yang
diharapkan di akhir program.
b. Merancang Program dan Mata Ajaran (mata kuliah)
Di WGU, materi pembelajaran dikembangkan oleh pakar
bidang terkait dengan menggunakan kurikulum dan
bahan-bahan yang tersedia di internet seperti e-textbook,
baik yang berbayar (membeli ke penerbitnya) maupun
yang bersifat terbuka (gratis) dari situs-situs bahan
pembelajaran terbuka (open educational resources). WGU
tidak menggunakan LMS tetapi situs/portal yang dirancang
khusus untuk setiap mata kuliah secara individual.
c. Memberikan Bantuan Belajar
68 69
Bantuan belajar sangat penting dalam PDBK, walaupun
intensitas bantuan belajar yang diberikan dapat bervariasi
tergantung kemampuan. WGU memiliki sekitar 750 ‘dosen’
yang berfungsi sebagai mentor, ada mentor mahasiswa
dan mentor mata kuliah. Mentor mahasiswa umumnya
memiliki kepakaran dalam bidang ilmu dan berkualifikasi
magister (S2). Mereka bertugas berkomunikasi (melalui
telepon) dengan mahasiswa minimal dua kali per minggu.
Setiap mentor membimbing sekitar 85 mahasiswa, mulai
dari awal mereka mendaftar hingga mereka lulus. Mentor
mata kuliah umumnya memiliki kualifikasi doktor (S3) dan
memberikan bantuan lebih jauh kepada mahasiswa ketika
dibutuhkan. Satu mentor matakuliah akan ‘membimbing’
sekitar 200-400 mahasiswa tergantung karakteristik mata
kuliahnya. Ketika memiliki masalah, mahasiswa dapat
menelepon mentor mahasiswa ataupun mentor mata