Page 82 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 82

BAB 04  PRINSIP DAN JENIS
                   PEMBELAJARAN ONLINE


                    sama  yang  berkelompok  membentuk  komunitas.  Komunitas-
                    komunitas  praktisi  ini  biasanya  saling  bertukar  informasi,
                    praktik  baik,  saran-saran  dan  melakukan  kegiatan  bersama
                    untuk  melakukan  perbaikan  ataupun  peningkatan  praktik-
                    praktik mereka yang berkaitan dengan topik atau isu tersebut.
                    Oleh karena itu terjadi interaksi yang intensif diantara anggota
                    komunitas  praktisi  tersebut.  Komunitas  praktisi  berbeda
                    dengan  komunitas  dari  jenis  komunitas  lainnya  karena  tali
                    pengikat komunitas ini adalah praktik nyata dan bukan sekedar
                    ketertarikan  pada  satu  bidang  ilmu/topik  tertentu  (Wenger,
                    2000 dalam Bates, 2016). Jadi ciri-ciri pokok komunitas praktisi
                    adalah:  (1)  domain:  kesamaan  ketertarikan  pada  satu  bidang
                    praktik  tertentu  yang  mengikat  anggota-anggotanya,  (2)
                    komunitas:  diikat  oleh  kegiatan  bersama  dan  tujuan  tertentu
                    yang sama, (3) praktik: anggotanya adalah praktisi yang cara-
                    cara  dia  melakukan  praktik  domainnya  mempengaruhi  dan
                    dipengaruhi oleh partisipasi mereka dalam komunitas tersebut.
       72                                                                                                                                                          73
                    Kegiatan  diskusi  kelompok  dan  saling  berbagi  informasi
                    dalam yang terjadi dalam komunitas ini meningkatkan tingkat
                    pengetahuan  anggotanya.  Jika  komunitas  praktisi  ini  terdapat
                    dalam  suatu  perusahaan  maka  dapat  memberi  keuntungan
                    kepada  perusahaan  karena  mereka  dapat  menjadi  salah
                    satu  cara  untuk  misalnya  mencari  solusi  terhadap  suatu
                    permasalahan  yang  dihadapi  mereka  dalam  menjalankan
                    proses bisnis perusahaan, melalui proses yang tidak hierarkikal
                    dan cepat (Smith, 2003dalam Bates, 2016)


                    Salah  satu  contoh  pembelajaran  model  komunitas  praktisi
                    ini  adalah  komunitas  Layanan  Pelanggan  (customer  service)
                    dari  Xerox  (Brown  and  Duguid,  2000).  Komunitas  ini  saling
                    berbagi tentang tips dan tricks melalui pertemuan-pertemuan
                    informal pada saat makan pagi atau makan siang, dan akhirnya
   77   78   79   80   81   82   83   84   85   86   87