Page 82 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 82
BAB 04 PRINSIP DAN JENIS
PEMBELAJARAN ONLINE
sama yang berkelompok membentuk komunitas. Komunitas-
komunitas praktisi ini biasanya saling bertukar informasi,
praktik baik, saran-saran dan melakukan kegiatan bersama
untuk melakukan perbaikan ataupun peningkatan praktik-
praktik mereka yang berkaitan dengan topik atau isu tersebut.
Oleh karena itu terjadi interaksi yang intensif diantara anggota
komunitas praktisi tersebut. Komunitas praktisi berbeda
dengan komunitas dari jenis komunitas lainnya karena tali
pengikat komunitas ini adalah praktik nyata dan bukan sekedar
ketertarikan pada satu bidang ilmu/topik tertentu (Wenger,
2000 dalam Bates, 2016). Jadi ciri-ciri pokok komunitas praktisi
adalah: (1) domain: kesamaan ketertarikan pada satu bidang
praktik tertentu yang mengikat anggota-anggotanya, (2)
komunitas: diikat oleh kegiatan bersama dan tujuan tertentu
yang sama, (3) praktik: anggotanya adalah praktisi yang cara-
cara dia melakukan praktik domainnya mempengaruhi dan
dipengaruhi oleh partisipasi mereka dalam komunitas tersebut.
72 73
Kegiatan diskusi kelompok dan saling berbagi informasi
dalam yang terjadi dalam komunitas ini meningkatkan tingkat
pengetahuan anggotanya. Jika komunitas praktisi ini terdapat
dalam suatu perusahaan maka dapat memberi keuntungan
kepada perusahaan karena mereka dapat menjadi salah
satu cara untuk misalnya mencari solusi terhadap suatu
permasalahan yang dihadapi mereka dalam menjalankan
proses bisnis perusahaan, melalui proses yang tidak hierarkikal
dan cepat (Smith, 2003dalam Bates, 2016)
Salah satu contoh pembelajaran model komunitas praktisi
ini adalah komunitas Layanan Pelanggan (customer service)
dari Xerox (Brown and Duguid, 2000). Komunitas ini saling
berbagi tentang tips dan tricks melalui pertemuan-pertemuan
informal pada saat makan pagi atau makan siang, dan akhirnya