Page 78 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 78
BAB 04 PRINSIP DAN JENIS
PEMBELAJARAN ONLINE
a. Mendefinisikan Kompetensi yang akan dicapai
Mendefinisikan kompetensi yang harus dicapai merupakan
tahapan pertama yang harus dilakukan karena rancangan
pembelajaran dan asesmen hasil belajar yang akan
diukur harus didesain untuk mencapai kompetensi
tersebut. Kebanyakan desain PDBK melakukan tahapan
ini berkerjasama dengan calon pengguna lulusan. Hal
ini dimaksudkan agar kompetensi lulusan sesuai dengan
kebutuhan pengguna dan karenanya lulusan akan mudah
mengaplikasikan keterampilan yang dikuasainya. Pada
PDBK, tujuan pembelajaran untuk kompetensi tingkat tinggi
seperti pemecahan masalah dan berpikir kritis (problem-
solving dan critical thinking) akan dipecah dan diuraikan
dalam kompetensi-kompetensi kecil antara yang spesifik
dan dapat diukur penguasaannya.
Sebagai ilustrasi, di Western Governors University (WGU),
68 69
kompetensi untuk setiap gelar akademik dirumuskan oleh
Konsil universitas yang kemudian dipecah oleh suatu tim
pakar menjadi kompetensi-kompetensi yang lebih kecil.
Untuk satu program bergelar (setara sarjana) misalnya,
kompetensi akhir dipecah menjadi sekitar 30 kompetensi
yang lebih kecil-kecil yang kemudian dikembangkan
menjadi matakuliah online. Kompetensi akhir dirumuskan
berdasarkan jenis kompetensi yang akan dibutuhkan
lulusan di tempat kerjanya atau pada bidang karir yang
dipilihnya. Asesmen hasil belajar dirancang untuk menguji
penguasaan setiap tahapan kompetensi turunannya yang
semakin lama semakin tinggi, apakah lulus atau tidak, dan
akhirnya menuju pada penguasaan kompetensi tingkat
akhir yang telah dirumuskan tadi. Gelar akademik akan
diberikan jika pembelajar telah sukses menguasai seluruh
rangkaian kompetensi yan diujikan.