Page 83 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 83

BUKU PEMBELAJARAN ONLINE



                   oleh Xerox yang melihat manfaatnya komunitas ini di’jadikan’
                   projek  Eureka.  Projek  Eureka  dirancang  secara  online agar
                   komunitas menjadi lebih besar dan meliputi tenaga Customer
                   Service  secara  global.  Data  menunjukkan  bahwa  informasi
                   yang  terkumpul  dari  diskusi  komunitas  dalam  Projek  Eureka
                   telah menghemat biaya Xerox sekitar 100 juta dolar Amerika.
                   Sekarang  perusahaan-perusahaan  besar  seperti  Google  dan
                   Apple juga mendorong pembentukan komunitas praktisi untuk
                   berbagai bidang pekerjaan pegawainya.


                   Belajar  melalui  komunitas  praktisi  di  era  digital  merupakan
                   manifestasi  dari  contoh  pembelajaran  informal.  Komunitas
                   umumnya  terbentuk  secara  natural  karena  adanya  saling
                   kebutuhan  informasi,  dan  karena  bersifat  informal  model  ini
                   juga sering ‘bubar’ dengan sendirinya ketika ikatan kebutuhan
                   bersamanya telah hilang.


 72                                                                           73
























                   Gambar 4.4. Contoh Jejaring Komunitas Praktisi dan Teknologi
                                 Komunikasi yang Digunakan
   78   79   80   81   82   83   84   85   86   87   88