Page 80 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 80

BAB 04  PRINSIP DAN JENIS
                   PEMBELAJARAN ONLINE


                        kuliahnya,  dan  mereka  diharapkan  dapat  menyelesaikan
                        masalah mahasiswa tersebut dalam hari hari yang sama.
                        Mentor-mentor ini bekerja secara penuh waktu di WGU.


                     d.  Menilai Hasil Belajar
                        Asesmen  hasil  belajar  pada  PDBK  dapat  menggunakan
                        metode  penulisan  makalah,  pembuatan  portofolio,
                        pemberian  tugas-tugas,  ataupun  pemberian  soal-soal
                        yang  dapat  dinilai  langsung  secara  otomatis  oleh  sistem
                        komputer (computer-marked assignments). Asesmen yang
                        perlu dinilai secara manual oleh ‘pengajar’ dikirimkan oleh
                        pembelajar secara online. Di WGU, kelulusan hanya dinilai
                        berdasarkan  lulus/tidak  lulus,  dan  jika  mahasiswa  tidak
                        lulus, mereka akan diberi umpan balik mengenai kompetensi
                        mana  yang  dinilai  belum  dikuasai  sehingga  mereka  bisa
                        memperbaiki  tulisan/portofolionya  untuk  dinilai  kembali.
                        Di WGU juga kini banyak dilakukan penilaian melalui ujian
       70                                                                                                                                                          71
                        online  dengan  menggunakan  pengawas  online  jarak  jauh
                        (remote and online proctoring).


                        Beberapa kekuatan PDBK diidentifikasi sebagai berikut.
                         •   memenuhi  kebutuhan  dunia  bisnis  dan  profesional
                            sehingga  lulusan  dapat  menggunakannya  untuk
                            promosi  dalam  pekerjaan  atau  untuk  mencari
                            pekerjaan;
                         •   memberi  fleksibilitas  belajar  sambal  bekerja  dengan
                            kecepatan belajar yang individual sesuai keadaan;
                         •   memberi kesempatan untuk menyelesaikan program
                            dengan  lebih  cepat  bagi  yang  mampu,  khususnya
                            bagi mereka yang telah memiliki pengalaman belajar
                            sebelumnya  yang  dapat  diakui  untuk  pembebasan
                            beberapa ‘matakuliah’;
                         •   pembelajar  mendapat  bantuan  belajar  yang  bersifat
                            individual dari mentor;
   75   76   77   78   79   80   81   82   83   84   85