Page 76 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 76

BAB 04  PRINSIP DAN JENIS
                   PEMBELAJARAN ONLINE


                    ditujukan untuk menggantikan peran pengajar dalam salah satu
                    atau beberapa kegiatan yang biasanya dilakukan oleh pengajar
                    (seperti memberikan kuis dan menjawab pertanyaan misalnya).
                    Sementara  itu,  desain  PDOK  justru  tidak  dimaksudkan  untuk
                    menggantikan  peran  pengajar,  tetapi  menggunakan  teknologi
                    untuk  meningkatkan  kuantitas  dan  kualitas  komunikasi
                    antara  pengajar  dengan  pembelajar  dan  diantara  pembelajar
                    itu  sendiri.  Dengan  penggunaan  teknologi  komunikasi  ini
                    diharapkan pembelajar dapat berdiskusi untuk mengidentifikasi
                    dan  mengkonstruksi  ilmu  pengetahuan  baru  melalui  dan
                    difasilitasi oleh proses diskursus sosial yang:
                     •   dikendalikan  dan  dipandu  oleh  ‘pengajar’  sehingga  tidak
                        bersifat ‘debat kusir’;
                     •   merefleksikan  nilai  dan  norma  akademik  dari  disiplin
                        keilmuan terkait; dan
                     •   mengkaji ilmu pengetahuan yang telah ada sebelumnya;


       66                                                                                                                                                          67
                    Apabila  proses  PDOK  ini  dilakukan  dengan  ber\nar,  maka
                    PDOK  dapat  menjadi  proses  pembelajaran  yang  holistik  dan
                    mendalam, bersifat akademis, dan transformatif. Proses diskusi
                    PDOK  juga  dapat  memicu  pengembangan  pemikiran  tingkat
                    kognitif tinggi, kritis, dan analitis, yang merupakan kompetensi
                    yang dibutuhkan untuk sukses di era digital ini.

                    Namun  demikian,  karena  PDOK  melibatkan  proses  diskusi
                    dan  interaksi  yang  intensif,  model  desain  ini  sulit  diterapkan
                    jika  pembelajar  dalam  jumlah  besar.  Demikian  juga,  proses
                    ini  memerlukan  ‘pengajar’  yang  memiliki  pengetahuan  dan
                    keterampilan  mumpuni  untuk  memoderatori  dan  memandu
                    jalannya diskusi agar konstruktif.
   71   72   73   74   75   76   77   78   79   80   81