Page 76 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 76
BAB 04 PRINSIP DAN JENIS
PEMBELAJARAN ONLINE
ditujukan untuk menggantikan peran pengajar dalam salah satu
atau beberapa kegiatan yang biasanya dilakukan oleh pengajar
(seperti memberikan kuis dan menjawab pertanyaan misalnya).
Sementara itu, desain PDOK justru tidak dimaksudkan untuk
menggantikan peran pengajar, tetapi menggunakan teknologi
untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas komunikasi
antara pengajar dengan pembelajar dan diantara pembelajar
itu sendiri. Dengan penggunaan teknologi komunikasi ini
diharapkan pembelajar dapat berdiskusi untuk mengidentifikasi
dan mengkonstruksi ilmu pengetahuan baru melalui dan
difasilitasi oleh proses diskursus sosial yang:
• dikendalikan dan dipandu oleh ‘pengajar’ sehingga tidak
bersifat ‘debat kusir’;
• merefleksikan nilai dan norma akademik dari disiplin
keilmuan terkait; dan
• mengkaji ilmu pengetahuan yang telah ada sebelumnya;
66 67
Apabila proses PDOK ini dilakukan dengan ber\nar, maka
PDOK dapat menjadi proses pembelajaran yang holistik dan
mendalam, bersifat akademis, dan transformatif. Proses diskusi
PDOK juga dapat memicu pengembangan pemikiran tingkat
kognitif tinggi, kritis, dan analitis, yang merupakan kompetensi
yang dibutuhkan untuk sukses di era digital ini.
Namun demikian, karena PDOK melibatkan proses diskusi
dan interaksi yang intensif, model desain ini sulit diterapkan
jika pembelajar dalam jumlah besar. Demikian juga, proses
ini memerlukan ‘pengajar’ yang memiliki pengetahuan dan
keterampilan mumpuni untuk memoderatori dan memandu
jalannya diskusi agar konstruktif.