Page 71 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 71

BUKU PEMBELAJARAN ONLINE



                       digunakan oleh pembelajar dan dilanjutkan dengan diskusi
                       di  dalam  kelas  (misalnya  dalam  konsep  pembelajaran
                       flipped classrooms).


                   b.  Menggunakan Sistem Pengelolaan Pembelajaran
                       (Learning management system atau LMS).
                       Model  desain  ini  menggunakan  perangkat  lunak  khusus
                       yang  disebut  Learning  Management  System  atau  LMS.
                       LMS  ini  dirancang  untuk  mereplika/meniru  ruang  kelas
                       secara maya/virtual dimana didalamnya sudah ada fasilitas
                       (‘ruang’) untuk mengunggah materi pembelajaran, diskusi,
                       pemberian tugas, penilaian tugas, dan lain sebagainya yang
                       diperlukan untuk suatu kegiatan pembelajaran. Perangkat
                       lunak LMS ada yang bersifat komersil (harus dibeli) seperti
                       Blackboard, dan ada juga yang gratis seperti Moodle.


                       LMS  biasanya  dapat  memfasilitasi  baik  komunikasi
 60                                                                           61
                       sinkronus  maupun  asinkronus,  tergantung  desain
                       pembelajaran  yang  direncanakan.  Dalam  pembelajaran
                       online  yang  menggunakan  LMS,  materi  pembelajaran
                       biasanya akan diberikan serentak, kemudian diikuti dengan
                       interaksi  sinkronus  ataupun  asinkronus,  serta  pemberian
                       tugas-tugas dan evaluasi hasil belajar. Materi pembelajaran
                       dapat berupa e-book/buku digital, video, ataupun format
                       lainnya. Kegiatan diskusi dan pemberian tugas dapat diatur
                       secara  berkala,  mingguan  ataupun  sesuai  interval  waktu
                       lainnya yang diinginkan. Jika jumlah pembelajar dalam satu
                       ‘kelas’  terlalu  besar,  maka  mereka  dapat  dibagi  kedalam
                       kelompok-kelompok  yang  lebih  kecil  untuk  diskusi  dan
                       penyelesaian tugas-tugas berkelompoknya.
   66   67   68   69   70   71   72   73   74   75   76